Kompas TV regional berita daerah

Viral! Aksi Bupati Boltim Keliling Kampung Bawa Peti Mati untuk Sosialisasi Corona

Kompas.tv - 18 April 2020, 10:40 WIB
viral-aksi-bupati-boltim-keliling-kampung-bawa-peti-mati-untuk-sosialisasi-corona
Tangkapan layar video Bupati Boltim saat sosialisasi cegah Covid-19. (Sumber: Dok. Akun Twitter @husainabdullah1)
Penulis : Fadhilah

KOMPAS.TV - Aksi Bupati Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Sulawesi Utara, Sehan Salim Landjar saat sosialisasi pencegahan virus corona (Covid-19) menyita perhatian. Caranya terbilang berbeda dan unik.

Betapa tidak, Sehan melakukan sosialisasi keliling desa di setiap kecamatan dengan naik di atas mobil bak terbuka.

Yang membuatnya berbeda, dia juga membawa peti mati sebagai isyarat bahwa virus corona sangat membahayakan.

Baca Juga: Pulang dari Ijtima Gowa, 11 Warga Wonosobo Dinyatakan Positif Corona

Menurut Sehan, pada situasi sekarang ini dengan pandemi Covid-19, masyarakat cukup resah, kadang mereka tidak terlalu paham sosialisasi yang formal.

"Makanya, saya berupaya untuk turun ke desa-desa. Dalam satu kecamatan, saya melakukan sosialisasi di tiga sampai empat desa. Tujuannya, biar rakyat tahu apa itu Covid-19 dan bagaimana cara pencegahannya," kata Sehan sebagaimana dikutip dari Kompas.com, Jumat (17/4/2020) malam.

Video aksi kocak sekaligus "menyeramkan" Bupati Boltim Sehan Landjar itu bahkan viral di media sosial Twitter dan Facebook.

Seperti terlihat dalam unggahan akun Twitter @husainabdullah1. Ia mengunggah aksi kocak Bupati Boltim saat melakukan sosialisasi.

Dalam unggahannya itu, Husain memberikan keterangan "Inilah Jubir Corona terbaik".

Hingga pukul 21.06 Wita, video berdurasi 2 menit 30 detik itu sudah di-retweet 2.169 kali, disukai 3.736 kali, dan 45.000 kali tayang.

"Rakyat Boltim, tinggal di rumah atau tinggal di rumah sakit atau tinggal di peti atau tinggal kenangan. Cuma tiga pilihan. Kalau sabar tinggal di rumah satu bulan ini torang (kita) aman dari corona. Tapi, kalau tidak sabar kase tunjung jago (so jagoan) berarti mo tinggal di rumah sakit," demikian sepenggal petikan video Sehan Lanjdjar.

Baca Juga: Merdu, Pasien Sembuh dari Corona Ini Bernyanyi untuk Tim Medis!

Tak Mau Bikin Rakyat Tegang

Menurut Sehan, sosialisasi tidak boleh membuat rakyat tegang. "Sosialiasi dengan gaya saya sendiri. Jadi, masyarakat lebih rilekslah," sebutnya.

Dalam sosialisasinya, Bupati Boltim itu juga membawa peti mati. "Sengaja saya bawa peti mati, sebagai isyarat bahwa Covid-19 jenis virus lemah tapi kejam. Karena waktunya hanya 14 hari dia lemah, tapi cukup agresif," ujar Sehan.

Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Amanat Nasional (PAN) Sulut ini menjelaskan, dengan sosialiasi yang ia lakukan, masyarakat akan makin waspada dan disiplin.



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x