Kompas TV regional berita daerah

Tingkatkan Literasi Anak Lewat Mendongeng

Kompas.tv - 16 April 2020, 14:21 WIB
Penulis : Kompastv Lampung

LAMPUNG, KOMPAS.TV - Berbagai cara bisa dilakukan untuk meningkatkan kemampuan literasi anak sejak usia dini, salah satunya dengan cara mendongeng. di Bandar Lampung, ada Komunitas dongeng bernama Dakocan yang aktif berkeliling dari satu sekolah ke sekolah lainnya untuk mendongeng. Metode penyampaian yang santai dan asyik menjadi daya tarik tersendiri bagi anak-anak yang hadir.

Kelinci, kura-kura dan kera, kira-kira ini lah karakter yang kerap muncul disetiap cerita dongeng masa kecil. Namun di era modern saat ini, hanya sedikit orang tua yang bercerita atau bahkan berdongeng untuk anak-anaknya, sebagian justru lebih sering menyuguhkan video digital melalui gawai karena praktis dan mudah.

Berawal dari keresahan itulah, pendongeng Iin Mutmainah, mengakrabkan kembali tradisi mendongeng. Seperti saat dirinya menyapa sejumlah anak di Taman Kanak-kanak Al-azhar 16 Bandar Lampung ini, agar tak membosankan dirinya kerap menggunakan alat peraga seperti boneka dan diiringi suara dari petikan ukulele.

Selain membuat dongeng semakin menarik, alat peraga mempermudah anak memahami nilai dan karakter dalam cerita. Sehingga pesan yang terkandung dalam dongeng bisa tersampaikan dengan baik kepada anak.

Kegiatan ini mendapat respon positif dari pihak sekolah, kegiatan semacam ini selain memberikan materi ajar yang menarik, guru juga dapat belajar metode penyampaian dongeng untuk diterapkan kepada siswa-siswinya.

Cerita yang tak monoton, ekspresif, menggunakan media boneka serta membangun interaksi kepada anak, menjadi cara efektif menyampaikan nilai-nilai luhur disetiap cerita dongeng, seringkali anakpun merespon dengan tingkah yang jenaka tanda mereka menikmati alunan cerita dongeng.

Baca Juga: Aksi Peduli Warga Buka Posko Berbagi Sembako

Kini tak sulit mengenalkan literasi kepada anak, butuh ketelitian dan kesabaran para orang tua menyampaikan dengan cara yang baik, agar anak bisa menyerap informasi dengan baik pula.

#EdukasiAnak #DongengDakocan #Lampung



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x