Kompas TV regional berita daerah

3 Bocah SD Bongkar Celengannya Bantu Tenaga Medis Beli Masker

Kompas.tv - 6 April 2020, 10:32 WIB
3-bocah-sd-bongkar-celengannya-bantu-tenaga-medis-beli-masker
Yasmin (6) bersama ibunya Mardiana Rusli saat menyumbangkan isi celengannya di posko JPK di Kecamatan Manggala, Jumat (3/4/2020). (Sumber: Dok Humas JPK)
Penulis : Fadhilah

KOMPAS.TV - Aksi tiga bocah di Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), sungguh mengharukan. Mereka merelakan seluruh uang celengannya disumbangkan kepada para tenaga medis yang menangani Covid-19 atau virus Corona.

Ketiga bocah itu adalah Tata (7), Unsia (7), dan Yasmin Saman (6). Mereka mengaku terenyuh melihat para tenaga medis kekurangan masker dan alat pelindung diri (APD) saat merawat para pasien terinfeksi virus Corona.

Awalnya Tata dan Unsia menyumbangkan seluruh isi celengannya pada tim Jurnalis Peduli Kemanusiaan (JPK) di Sekretariat AJI Makassar.

Baca Juga: Tak Ada Kematian dan Kasus Baru Virus Corona, Ini 5 Kebijakan yang Dilakukan Vietnam

Isi celengan dua bocah SD itu sebanyak Rp 349 ribu, terdiri berbagai pecahan, antara lain Rp 5.000, Rp 2.000, serta koin Rp 1.000 dan Rp 500.

"Ini untuk dokter biar bisa beli masker. Ini dari tabungan kami selama enam bulan," kata Tata yang dibenarkan Unsia di Jurnalis Peduli Kemanusiaan (JPK) di Sekretariat AJI Makassar, sebagaimana dikutip dari Kompas.com.

Hal serupa juga dilakukan Yasmin. Dia datang ke posko JPK membawa uang di celengan ikan bersama ibunya, Jumat (3/4/2020).

Mardiana Rusli, ibu Yasmin, mengatakan, celengan tersebut telah ditabung Yasmin sejak dua tahun lalu.

Namun, saat Mardiana yang juga mantan Ketua AJI Makassar, sedang mendata lokasi yang membutuhkan masker, putrinya tersebut berniat membantu menyumbangkan isi celengannya.

"Jadi memang kita punya tabungan setiap dua tahun sekali kita buka untuk hal-hal yang didistribusikan untuk panti, kemanusiaan, dan sosial. Kemarin saya list tempat-tempat yang mau didistribusikan sumbangan, kemudian anak saya Yasmin langsung ngasih juga celengannya bilang ini juga (sumbangan untuk tim medis)," kata Mardiana.

Baca Juga: Pemerintah: Keluar Rumah Wajib Pakai Masker!

Jumlah uang celengan Yasmin yang disumbangkan adalah Rp 448.800. Saat menyerahkan uang celengannya ke petugas, Yasmin pun berharap para petugas medis diberi kesehatan dan terus berjuang melawan corona.

"Terus berjuang dokter-dokter, perawat, semua tenaga kesehatan. Harus bisa sembuhkan banyak orang," kata Yasmin usai memberikan isi celengannya.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x