Kompas TV regional berita daerah

Makam Bung Karno Ditutup Untuk Umum

Kompas.tv - 20 Maret 2020, 12:47 WIB
Penulis : KompasTV Jember

KOTA BLITAR, KOMPAS.TV - Makam dan rumah masa kecil Presiden Pertama Republik Indonesia, Soekarno, di Kota Blitar, Jawa Timur, ditutup sementara untuk umum.

Pengelola Makam Bung Karno, Heru Santoso, menyatakan bahwa penutupan makam Presiden Pertama Republik Indonesia, Soekarno, di Kelurahan Bendogerit, Kota Blitar, berlaku sejak 18 maret 2020. Warga dan pengujung tidak diperbolehkan lagi berziarah di makam bung karno, hingga batas waktu yang belum ditentukan.

Selain makam Bung Karno, Rumah Masa Kecil Bung Karno, yakni Istana Gebang, juga ditutup sementara. “Sebelum ditutup, lokasi makam bung karno juga disemprot cairan disinfektan oleh Dinas Periwisata. Penutupan dilakukan untuk mencegah kerumunan pengunjung, yang berpotensi mempercepat peyebaran virus corona” ujar Heru Santoso.

Baca Juga: Sekolah Diliburkan, Tempat Wisata Ditutup

Penutupan wisata bersejarah ini membuat pedagang resah, karena mereka kehilangan pendapatan, salah satunya pedagang bernama Agus. Ia biasanya berjualan souvenir dan makanan di sekitar makam Bung Karno, namun kini ia tidak jualan, karena makam sepi, tidak ada pengunjung.

Makam Bung Karno merupakan tujuan utama para wisatawan ketika berkunjung ke Blitar. Dalam satu hari rata-rata ada seribu orang datang untuk berziarah di makam Bung Karno.

 

#MakamBungKarno #VirusCorona #KotaBlitar



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x