Kompas TV regional berita daerah

Warga Binaan Lapas Dilatih Bertani Edamame dan Okra

Kompas.tv - 14 Maret 2020, 10:55 WIB
Penulis : KompasTV Jember

JEMBER, KOMPAS.TV - Warga binaan Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Jember Jawa Timur diberi keterampilan bertani di atas lahan baru.

Pelatihan bertani dilakukan di atas lahan kosong seluas 2,6 hektar  yang terletak di Jalan Panjaitan Kecamatan Sumbesari.

Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas Ii A Jember, Yandi Suyandi menjelaskan bahwa lahan kosong ini adalah milik Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Jember, yang sudah 14 tahun terbengkalai.

“Tempat ini diberi nama Sarana Asimilasi Dan Edukasi Untuk Warga Binaan” tutur Yandi Suyandi.

Ada 20 warga binaan yang mengikuti pelatihan setiap harinya. Mereka dilatih teknik menggunakan peralatan pertanian dan tata cara membuka lahan kosong menjadi lahan pertanian produktif.

Latihan bertani mendapat sambutan positif dari warga binaan, salah satunya Ahmad Mufasir.

“selain dapat mengurangi rasa jenuh selama berada di lapas, kegiatan ini juga dapat meningkatkan ketrampilan dirinya, yang dapat digunakan setelah bebas nanti” kata Ahmad Musafir.

Pelatihan ini bekerjasama dengan perusahaan produksi kedelai edamame PT. Mitra Tani 27 Jember. Lahan kosong ini akan dikembangkan menjadi sektor pertanian ekspor, yakni tanaman edamame dan sayur okra.

#KetrampilanWargaBinaan #LapasJember #MitraTani



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x