Kompas TV regional berita daerah

Bakpia Pisang Lumajang Lumer Di Mulut

Kompas.tv - 29 Februari 2020, 13:18 WIB
Penulis : KompasTV Jember

LUMAJANG, KOMPAS.TV - Seorang ibu rumah tangga di Kabupaten Lumajang Jawa Timur menyulap buah pisang menjadi kue bakpia.

Belakangan bakpia pisang sangat disukai oleh masyarakat, karena memiliki tekstur, bentuk  dan rasa yang khas.

Adalah Sri Utami yang memproduksi kua bakpia pisang di rumahnya di Daerah Perumahan Bumirejo Permai/ Desa Sumberejo Kecamatan Sukodono Kabupaten Lumajang.  

Belakangan kue ini lebih dikenal dengan nama pia mahameru. Cara membuatnya tidaklah sulit, siapkan bahan tepung yang sudah berbentuk adonan dan timbang dengan berat 25 gram.

Lalu adonan tersebut dibentuk dan diberi isian pisang yang sudah dihaluskan. Pisang yang digunakannya pun bukan sembarang pisang, yakni pisang kepok. Selanjutnya keringkan dengan mesin open di suhu 180 derajat celsius.

Baca Juga: Kue Marmer Hati Kado di Hari Kasih Sayang

Sri Utami sengaja menggunakan isian pisang pada kue pianya, karena bahannya cukup melimpah di Kabupaten Lumajang, yang dikenal kota pisang.

Selain pisang, ada 2 varian rasa lainnya pada kue pia buatan Sri Utami, yakni cokelat dan kacang ijo. Jajanan pia ini sangat enak dimakan saat musim hujan, karena teksturnya kering di luar dan lumer di dalam mulut.

Sri Utami menyediakan sebuah etalase di teras rumahnya untuk mempermudah pemasaran produknya. Selain wilayah Lumajang, pia mahameru juga dipasarkan ke sejumlah kota di Indonesia, seperti Jayapura. Bahkan jajanan kering ini dipasarkan hingga ke luar negeri, Hongkong.

#PiaPisang #KueTradisional #Lumajang



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x