Kompas TV regional sumatra

Bobby Nasution Tunjuk Pamannya Jadi Plh Sekda Medan, Wakil Wali Kota: Saya yang Mengusulkan

Kompas.tv - 1 Mei 2024, 17:01 WIB
bobby-nasution-tunjuk-pamannya-jadi-plh-sekda-medan-wakil-wali-kota-saya-yang-mengusulkan
Wakil Wali Kota Medan Aulia Rachman (kiri) dan Plh Sekda Medan Benny Sinomba Siregar (kanan) saat diwawancarai di Gelanggang Remaja Kota Medan, Rabu (1/5/2024). (Sumber: Kompas.com/Rahmat Utomo)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Edy A. Putra

MEDAN, KOMPAS.TV - Wali Kota Medan Bobby Nasution menunjuk Benny Sinomba Siregar yang merupakan pamannya, untuk menjadi Pelaksana Harian (Plh) Sekertaris Daerah (Sekda) Pemerintah Kota Medan, Sumatera Utara, pada Rabu, 24 April 2024.

Wakil Wali Kota Medan Aulia Rachman meminta agar penunjukan Plh Sekda tersebut tidak disangkutpautkan dengan hubungan keluarga antara Bobby dan Benny.

Sebab, menurutnya, penunjukan tersebut berdasarkan usulan dirinya. Dia menyebut penunjukan tersebut murni atas dasar prestasi Benny.

"Kita harus buang (penunjukan ini) terkait saudara atau apa ini, kan kita fungsi pengawasan jatuh di wakil (wali kota). Saya sebagai wakil mengusulkan (Benny jadi Plh Sekda)," ujar Aulia usai beraudiensi dengan para buruh di Gelanggang Remaja Kota Medan, Rabu (1/5/2024), dikutip Kompas.com.

Baca Juga: Jokowi Batal Hadir Beri Penghargaan Satyalancana ke Bobby Hari Ini, Ini Alasannya

Aulia kemudian menjelaskan sejumlah indikator pengusulan Benny menjadi Plh Sekda Medan.

Salah satunya, prestasi dan pengalaman Benny menjabat sebagai Kepala Dinas Badan Pengelola Pendapatan dan Retribusi Daerah (BP2RD) pada tahun 2021.

Menurut Aulia, saat itu Benny menjalankan fungsi pengawasan, sehingga pendapatan daerah naik signifikan.

"Saya lihat bukan karena pak Benny saya kenal tapi saya tahu, beliau kinerjanya beliau waktu megang Kadis Pendapatan Daerah, pendapatannya hampir 100 persen peningkatannya. Rp900 miliar pak Kadis ini bisa meningkatkan pendapatan daerah," bebernya.

Dengan menunjuk Benny sebagai Plh Sekda, lanjut Aulia, diharapkan fungsi pengawasan kinerja jajaran Pemkot Medan berjalan baik.

Baca Juga: Bobby dan Gibran Bakal Terima Penghargaan Satyalencana, Jokowi Disebut Tak Hadir di Surabaya

"Jadi Saya ambil sikap itu dan saya minta kepada pak Sekda yang baru ini tolong, awasi fungsi pengawasan di internal kita agar pemerintahan berjalan dengan baik," pesannya.

Benny merupakan paman Bobby dari keluarga ibunya. Benny diangkat menjadi Plh Sekda saat masih menjabat sebagai Kepala Dinas Kebudayaan dan Pendidikan Kota Medan.


 




Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x