Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Kampanye Kepedulian Kesehatan Mental Pemuda, Deretan Lembaga Ini Garap 4 Film Pendek

Kompas.tv - 23 April 2024, 23:00 WIB
kampanye-kepedulian-kesehatan-mental-pemuda-deretan-lembaga-ini-garap-4-film-pendek
Suasana Share Screen Volume II: Bingkai Rasa di Grhatama Pustaka Yogyakarta, dalam rangka kampanye kepedulian kesehatan mental, Selasa (23/4/2024). (Sumber: Istimewa)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Gading Persada

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Lembaga Advokasi Keluarga Indonesia (LAKI) bersama Yayasan Rumpun Nurani dan Sineas Muda dari Cakra Visual mengkampanyekan urgensi kesehatan dan kesejahteraan jiwa remaja melalui film.

Kampanye tersebut berangkat dari kekhawatiran akan tingginya  jumlah remaja yang mengalami gangguan kesehatan jiwa di Indonesia.

Melalui keterangan tertulis yang diterima Kompas.tv, Selasa (23/4/2024), LAKI menyebut data dari Indonesian National Adolescent Mental Health Survey menunjukan 1 dari 3 remaja, atau setara dengan 15,5 juta memiliki satu gangguan mental dalam 12 bulan terakhir.

Baca Juga: Angga Yunanda Ungkap Adegan Terberat di Film Dua Hati Biru: Pertengkaran Suami Istri

Perubahan fisik, emosional dan sosial membuat remaja rentan mengalami gangguan kesehatan mental yang dapat berakibat hingga dewasa dan prilaku beresiko tinggi.

Menurut Ketua LAKI, Rennta Chrisdiana, dukungan orang dewasa dan keluarga maupun sekolah dapat menjadi upaya kunci preventif.

“Dukungan orang dewasa di keluarga maupun sekolah serta keterlibatan lebih praktisi kesejahteraan mental menjadi upaya kunci preventif, kuratif maupun rehabilitatif untuk menyelamatkan anak-anak kita,” jelasnya.

“Dibutuhkan upaya dan terobosan baru, serta kolaborasi nyata pemerintah, masyarakat, akademisi, media dan bisnis untuk perubahan dan peningkatan kesejahteraan jiwa remaja Indonesia” lanjutnya.

LAKI bersama Yayasan Rumpun Nurani, serta Cakra Visual memroduksi 4 film yang disebut project Sekawan sebagai media kampanye.

Keempat film pendek tersebut ditayangkan dalam acara Share Screen Volume II: Bingkai Rasa  di Grhatama Pustaka Yogyakarta, pada 23 April 2024 oleh penyelenggara Yourspace.id.




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x