Kompas TV regional berita daerah

Harga Kakao Kering Melonjak Tajam

Kompas.tv - 20 April 2024, 19:41 WIB
Penulis : KompasTV Palu

POSO, KOMPAS.TV - Harga biji kakao kering terus melonjak dan sudah mendekati Rp.200.000 per kilogram. Sementara petani kakao di wilayah Kabupaten Poso saat ini masih menantikan masa panen raya mei mendatang.

Dari hari ke hari, harga biji kakao kering terus melonjak. Per hari jumat, 19 april 2024, sudah menembus Rp.172.500 per kilogram.

Salah satu pembeli biji kakao kering Hasan Basry bilang, melonjaknya harga kakao memberikan pendapatan lebih bagi petani.

Melonjaknya harga kakao di Indonesia dipengaruhi anjloknya produksi di Pantai Gading sebagai penghasil kakao terbesar di dunia. Sehingga  pabrik dalam negeri kekurangan bahan baku dari impor.

Nisman, salah satu petani kakao di Kelurahan Tegal Tejo, Kecamatan Poso Kota Utara ini berharap pada panen raya sekitar bulan maret mendatang, harga masih tetap tinggi.

Kakao merupakan komoditi andalan Kabupaten Poso dengan produksi mencapai 27 juta kilogram per tahun saat panen raya.

Perkebunan kakao lebih banyak dikelola secara mandiri oleh petani 37 ribu kepala keluarga. Mereka mengelola lahan lebih dari 37 ribu hektar  yang tersebar di Kecamatan Poso Pesisir Bersaudara / Pamona Bersaudara, Lage dan Pinggiran Kota Poso.

#Kakao #HargaMelonjak #KelompokTani 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x