Kompas TV regional sulawesi

Tradisi Hari Ketupat, Dodol Dibuat Dalam Jumlah Banyak

Kompas.tv - 18 April 2024, 15:45 WIB
Penulis : KompasTV Makassar

GORONTALO, KOMPAS.TV - Jelang perayaan hari ketupat, warga jawa tondano di kabupaten Gorontalo, punya tradisi membuat dodol dalam jumlah yang banyak. Setiap kepala keluarga membuat hingga 10 kilogram dodol untuk dibagikan pada warga yang berkunjung saat hari ketupat.

Perayaan hari ketupat di Gorontalo menjadi salah satu momen yang ditunggu.

Pembuatan jenang atau dodol ini telah menjadi tradisi dan kebiasaan bagi warga jawa tondano di desa Yosonegoro, Kecamatan Limboto Barat, Gorontalo, jelang perayaan hari ketupat. Dodol yang dibuat bukan dalam jumlah yang sedikit. Setiap kepala keluarga membuat dodol hingga 10 kilogram.

Salah satu warga bilang, meski harga bahan pembuatan dodol mahal namun bukan menjadi alasan untuk tidak membuat dodol. Untuk memasak dodol hingga matang dengan sempurna dibutuhkan waktu selama 9 jam sebelum siap dibungkus.

Menyambut perayaan hari ketupat, warga mulai menyiapkan sejak jauh hari. Mulai dari pembuatan dodol hingga pembungkusan yang memakan waktu cukup lama.

Dodol nantinya akan dibagikan secara gratis kepada pengunjung yang mempunyai banyak makna. Setiap berkunjung, warga akan diberikan hingga 4 bungkus dodol oleh pemilik rumah.


#lebaranketupat
#dodol
#tradisilebaran



Sumber : Kompas TV Makassar

BERITA LAINNYA



Close Ads x