Kompas TV regional sulawesi

Gunung Ruang Meletus, Bandara Sam Ratulangi Ditutup Sementara

Kompas.tv - 18 April 2024, 10:30 WIB
gunung-ruang-meletus-bandara-sam-ratulangi-ditutup-sementara
Gunung Ruang di Kabupaten Sitaro, Sulawesi Utara meletus sejak 16 April 2024, Bandara Sam Ratulangi ditutup (Sumber: Tribunnews)
Penulis : Dian Nita | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Bandar Udara Internasional Sam Ratulangi, Manado, Sulawesi Utara ditutup sementara akibat dampak abu vulkanik Gunung Ruang yang meletus. Hal itu diungkapkan oleh Operasional PT Angkasa Pura (AP) I Bandara Sam Ratulangi.

GM Bandara Sam Ratulangi Maya Damayanti, di Manado mengatakan abu vulkanik Gunung Ruang yang terdeteksi berdasarkan hasil pengamatan lapangan, berupa paper test yang dilakukan pada pukul 07.00 Wita hari ini (18/4/2024).

Penutupan sementara Bandara Sam Ratulangi diumumkan melalui Notice to Airmen (Notam) penutupan sementara hingga pukul 10.00 Wita.

"Untuk sementara Bandara Sam Ratulangi kami tutup hingga pemberitahuan selanjutnya," kata Maya, dikutip dari Antara.

Sesuai Notam bahwa hari ini tanggal 18 April 2024, kata dia, tindakan itu diambil sebagai hasil koordinasi dengan Otoritas Bandara, BMKG dan beberapa stakeholder lainnya.

"Hal ini penting kami putuskan karena dampak ini dapat membahayakan keselamatan bandara," katanya.

Baca Juga: Detik-Detik Gunung Ruang Erupsi, Ada Kilatan Petir Vulkanik

Dia mengatakan bandara akan dibuka kembali sampai pemberitahuan selanjutnya dan untuk sementara pihaknya melakukan rapat koordinasi untuk memutuskan hal-hal yang perlu untuk ditindaklanjuti terhadap pesawat yang terdampak.

Maya mengatakan pemberitahuan telah disampaikan kepada penumpang melalui pengeras suara bagian informasi Bandara Sam Ratulangi.

"Kami memohon maaf atas penundaan keberangkatan para penumpang, ini merupakan faktor alam yang tidak bisa dihindari," katanya.




Sumber : Kompas TV, Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x