Kompas TV regional sumatra

Cuaca Ekstrim Diprediksi Landa Aceh Selama Sepekan

Kompas.tv - 17 April 2024, 13:06 WIB
Penulis : KompasTV Aceh

BANDA ACEH, KOMPAS.TV - Adanya potensi cuaca buruk itu kata BMKG, setelah terpantau adanya daerah belokan angin dan konvergensi di sebagian besar wilayah aceh. Suhu muka air laut hangat dan keadaan atmosfer menunjukkan kondisi udara yang cukup labil. Sehingga dalam periode 16 hingga 22 April nanti wilayah Aceh berpotensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat. Durasi waktunya lama dan cakupan wilayahnya luas. Warga pun di himbau untuk mengantisipasi peningkatan curah hujan itu.

Peningkatan curah hujan itu, berpotensi terjadinya bencana hidrometeorologi seperti banjir bandang, longsor, angin kencang hingga gelombang tinggi perairan. Warga yang tinggal dekat bantaran sungai mewaspadai adanya banjir kiriman, banjir di dataran rendah serta potensi longsor di kawasan perbukitan yang perlu untuk dihindari. Sedangkan wilayah perairan juga patut diwaspadai tinggi gelombang hingga 2,5 meter seperti di Selat Malaka bagian utara dan perairan barat aceh. Sedangkan perairan Sabang Banda Aceh, kepulauan Sinabang dan perairan Lhokseumawe tinggi gelombang diperkirakan mencapai 1,25 meter.

Seluruh daerah di Aceh berpotensi di landa cuaca ekstrim dalam sepekan kedepan dan daerah daerah yang rawan terjadinya bencana hidrometerologi yang perlu diwaspadai di antaranya, dinataranya Aceh Selatan, Nagan Raya, Aceh Barat Daya, Aceh Tenggara, Aceh Barat, Aceh Jaya, singkil, Subulussalam, Simeulue, Aceh Timur, wilayah tengah Aceh, dan wilayah utara Aceh.

 

Video Jurnalis : Mustajab

Editor : Iwan Sudirja



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x