Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Hasil Investigasi KNKT soal Kecelakaan Bus Rosalia Indah yang Tewaskan 7 Penumpang di Tol Batang

Kompas.tv - 12 April 2024, 18:32 WIB
hasil-investigasi-knkt-soal-kecelakaan-bus-rosalia-indah-yang-tewaskan-7-penumpang-di-tol-batang
Bus Rosalia Indah mengalami kecelakaan di ruas Tol Semarang-Batang, Jawa Tengah, Kamis (11/4/4024). (Sumber: ANTARA/HO-Humas Polda Jateng/aa.)
Penulis : Tito Dirhantoro | Editor : Vyara Lestari

BATANG, KOMPAS.TV - Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) mengungkapkan hasil pemeriksaan dan investigasi dalam insiden kecelakaan tunggal bus Rosalia Indah di Kilometer (Km) 370 A Tol Batang-Semarang pada Kamis (11/4/2024) kemarin.

Berdasarkan hasil pemeriksaan dan investigasi, KNKT menemukan fakta bahwa ada kesalahan prosedur dalam penugasan sopir bus oleh PO Bus Rosalia Indah yang mengalami kecelakaan tunggal hingga menewaskan tujuh korban.

Ketua Sub Komisi Lalu Lintas Angkutan Jalan KNKT Ahmad Wildan mengatakan, dari hasil pemeriksaan, KNKT menemukan pola penugasan sopir bus yang berpotensi menyebabkan kelelahan.

Baca Juga: Berkaca Kasus Gran Max dan Rosalia, Polri Ingatkan Pemudik Tak Paksa Mengemudi jika Kurang Istirahat

"Oleh karena itu, kami akan terus berkoordinasi dengan pihak kepolisian untuk menyusun laporan akhir atas kasus kecelakaan itu," kata Ahmad Wildan di Batang, Jawa Tengah, Jumat (12/4/2024).

Ahmad Wildan menuturkan, hasil investigasi menunjukkan bahwa tidak ada masalah teknis yang signifikan pada kendaraan yang terlibat dalam kecelakaan tunggal di Km 370 Tol Batang-Semarang itu.

Namun, kata dia, sorotan utama jatuh pada penugasan sopir, yaitu pola penugasan dalam tiga bulan terakhir dan satu bulan terakhir sebelum kecelakaan dapat menyebabkan kondisi micro sleep yang meningkatkan risiko kecelakaan.

Sementara itu, Kapolres Batang AKBP Nur Cahyo Ari Prasetya menjelaskan bahwa pada kasus kecelakaan tersebut, sopir bus Rosalia Indah bernama Jalur Widodo (44) sempat berusaha mengatasi kantuk dengan menghentikan bus yang dikemudikan.

Baca Juga: Polisi Tetapkan Sopir Bus Rosalia Indah sebagai Tersangka, Ini Pasal yang Menjeratnya

"Saat melintas di wilayah Pekalongan, sopir bus sempat merasakan kantuk sehingga berhenti dan berjalan kaki kurang lebih 3 menit untuk menghilangkan kantuk," ujar Nur Cahyo.

Setelah itu, sopir bus kemudian kembali melanjutkan perjalanan. Namun, saat melintas di Km 370, Jalur Widodo mengantuk dan tertidur hingga bus keluar jalur dan masuk ke parit.

"Dari kasus itu, sebanyak tujuh penumpang tewas dan belasan orang mengalami luka ringan dan berat. Pada kasus itu, kami juga menetapkan sopir bus bernama Jalur Widodo sebagai tersangka," kata Nur Cahyo.

Baca Juga: Identitas 7 Korban Tewas Kecelakaan Bus Rosalia Indah di Tol Batang, Termasuk Kondektur


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x