Kompas TV regional jabodetabek

Antisipasi Pengunjung Membludak, Tim Gabungan Telah Disiapkan untuk Pengamanan di Ancol

Kompas.tv - 10 April 2024, 11:10 WIB
antisipasi-pengunjung-membludak-tim-gabungan-telah-disiapkan-untuk-pengamanan-di-ancol
PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk menyiapkan area parkir kendaraan yang lebih luas untuk mengantisipasi kemacetan saat libur Lebaran Idulfitri 1445 Hijriah. (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Mapolres Jakarta Utara menyiapkan anggota untuk menjaga keamanan di tempat-tempat pariwisata. Salah satunya di Taman Impian Jaya Ancol. 

Kapolres Jakarta Utara Kombes Gidion Arif Setyawan menjelaskan akan ada personel dari pihaknya yang bertugas di Ancol dalam rangka Operasi Ketupat 2024 pengamanan tempat wisata di masa libur lebaran. 

Menurutnya, Ancol memang selalu menjadi salah satu tempat yang akan dikunjungi wisatawan dalam masa libur lebaran. 

Hal ini juga yang membuat pengamanan lebih kompleks, mulai dari pengamanan arus lalu lintas hingga area wahana di Ancol.

Terlebih diperkirakan pengunjung tempat rekreasi Ancol akan meningkat setelah Lebaran. Sebab, banyak warga yang tak mudik memilih Ancol sebagai salah satu tempat berlibur di Jakarta.

Baca Juga: Mulai H+2 Lebaran, Ancol Terapkan Kebijakan Sentral Parkir untuk Antisipasi Kemacetan

"(Pengamanan Ancol) itu lebih kompleks lagi, mulai dari kenyamanan pengguna jalan saat masuk keluar Ancol. Masyarakat yang berlibur di Ancol menikmati wahana-wahana. Jadi, ada spesifikasi keselamatannya kita perketat," ujar Kombse Gidion saat dikonfirmasi, Rabu (10/4/2024). Dikutip dari Kompas.com.

Ia menambahkan selain pengamanan dari Polri akan ada personel gabungan dari TNI AL, Dishub dan Satpol PP Jakut yang ikut membantu pengamanan di tempat wisata Ancol. 

Pihaknya juga telah mendirikan Pos Pelayanan di kawasan Ancol untuk memberi pelayanan kepada masyarakat. Berkaca dari tahun sebelumnya kunjungan wisatawan ke Ancol cukup tinggi saat libur Idulfitri. 

Pada tahun lalu kunjungan mencapai angka 100 ribu orang sehingga membutuhkan sistem pengamanan yang lebih baik lagi.

"Pos ini ada untuk melayani pengunjung yang menghabiskan waktu libur mereka di kawasan Ancol yang akan ditempati tim gabungan untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat," ujar dia.

Baca Juga: Berlebaran di Pengungsian, Korban Kebakaran Gambir Tetap Bersyukur Keluarga Selamat

Adapun Mapolres Jakarta Utara menurunkan sekitar 375 personel untuk menjaga keamanan Lebaran dan malam takbiran. 

Sebanyak 375 personel menjaga keamanan di titik-titik tertentu, ada juga yang bertugas untuk siaga aktif dan sebagainya.

Titik yang dimaksud seperti Bundara Pantai Indah Kapuk (PIK), Traffic Light Benyamin Sueb, Simpang Coca Cola, Simpang Tanah Merdeka, simpang La Piazza Kelapa Gading, dan lainnya. 

Penjagaan di beberapa titik itu sebagai upaya aparat kepolisian mencegah terjadinya gesekan antar pengguna jalan.


 



Sumber : Kompas.com, Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x