Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Kunjungi Klaten, Pj Gubernur Jateng Tinjau Tol Solo-Yogya

Kompas.tv - 8 April 2024, 17:15 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

KLATEN, KOMPAS.TV - Penjabat Gubernur Jawa Tengah bersama Forkopimda Provinsi Jawa Tengah dan PT Jasa Marga Jogja-Solo meninjau langsung jalan Tol Solo-Yogyakarta ruas Karanganom, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, Kamis (04/04/2024) sore.

Dalam peninjauan tersebut Penjabat Gubernur Jawa Tengah menyusuri jalan Tol Solo-Yogyakarta sepanjang 22 kilometer dari pintu Tol Colomadu Karanganyar, di ruas Ngawen, Klaten. Jalan Tol Solo-Yogyakarta akan dibuka secara fungsional mulai 5 April hingga 15 April 2024.

Untuk waktu operasionalnya, mulai pukul 6 pagi hingga pukul 5 sore mengingat bangunan jalan tol belum selesai sempurna dan masih belum dilengkapi dengan marka, penerangan, serta rambu lalu lintas yang memadai.

“Peran daripada jalan tol ini penting walaupun belum selesai. Akan kita fungsionalkan jalan tol dari Solo ke Yogjakarta, tetapi dalam pelaksanaannya hanya sampai Klaten. Jadi, Solo kemudian exit tolnya itu melalui Ngawen, tetapi bisa juga keluar di Karanganom. Ini akan kita fungsikan satu jalur untuk arus mudik,” ujar Nana Sudjana.

Selama dibuka secara fungsional, jalan Tol Solo-Yogyakarta ini masih gratis. Walau demikian kecepatan maksimal yang diperbolehkan yakni hanya 40 kilometer per jam. Hanya kendaraan golongan 1 non-bus yang diperbolehkan melintas.

Untuk menghadapi hari raya Idulfitri 2024 ini, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah siap menyambut serta melepas pemudik saat arus balik mendatang.

Diprediksi jumlah pemudik tahun ini secara nasional meningkat menjadi 193,6 juta orang, untuk yang akan masuk Jawa Tengah baik tujuan ke Jawa Tengah maupun hanya melintas untuk menuju Jawa Timur dan Madura diprediksi ada sekitar 31,6% atau sekitar 61,8 juta orang.

#mudik #tolsoloyogyakarta #pemudik 
 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x