Kompas TV regional berita daerah

Tuntut Ganti Rugi, Pemilik Lahan Gelar Aksi Damai di Bandara Djalaludin

Kompas.tv - 8 April 2024, 15:27 WIB
Penulis : KompasTV Gorontalo

GORONTALO, KOMPAS.TV - Pemilik lahan dan puluhan massa aksi menggelar aksi damai di Halaman Bandara Djalaludin Gorontalo, dengan membentangkan spanduk.

Pemilik lahan bernama Pang Moniaga, terpaksa kembali mendatangi bandara, karena merasa kecewa dengan pemerintah daerah yang tak kunjung membayarkan ganti rugi lahan miliknya.

Berdasarkan putusan Mahkamah Agung, tanah seluas lebih dari 7 ribu meter persegi di kawasan Bandara Djalaludin Gorontalo, secara sah merupakan hak dari pemilik lahan.

Dalam putusan tersebut, Pemerintah Provinsi Gorontalo sebagai pihak tergugat diwajibkan membayarkan ganti rugi terhadap lahan yang kini telah menjadi bagian dari bandara.

Namun, setelah adanya putusan sejak beberapa bulan terakhir, pemerintah daerah provinsi dinilai tak kunjung merespon dan menjalin komunikasi dengan pemilik lahan.

Pemilik lahan pun merasa kecewa dengan sikap pemerintah yang hingga kini tak kunjung memberikan solusi dalam pembayaran ganti rugi lahan tersebut.

Saat mendatangi halaman bandara, pemilik lahan bersama masa aksi pun hendak memagar tanah miliknya yang berada dalam kawasan bandara dengan menggunakan bambu.

Pemilik lahan berharap kedatangannya di Bandara Djalaludin Gorontalo, dapat menjadi perhatian bagi Pemerintah Provinsi Gorontalo agar bisa lebih menseriusi persoalan yang terjadi.

Bahkan, pemilik lahan menegaskan akan kembali menggelar aksi di bandara dan kantor pemerintahan dengan massa yang lebih besar, jika pemerintah tak kunjung memberikan respon dan solusi.

Kedatangan pemilik lahan yang sempat menjadi sorotan para pemudik hingga mengganggu aktivitas di bandara itu pun langsung direspon Kepala Bandara Djalaludin Gorontalo Joko Harjani.

Karena dinilai dapat mengganggu aktivitas pelayanan di bandara, pemilik lahan dan massa aksi kemudian dihimbau agar tertib, dan tidak melakukan pemagaran lahan yang ada di kawasan bandara.

Baca Juga: Satu Rumah Warga di Tolinggula Gorontalo Utara Hanyut Diterjang Banjir  

Kepala Bandara Djalaludin Gorontalo Joko Harjani pun menegaskan bahwa pihak bandara hingga kini masih terus membangun komunikasi dengan pihak pihak terkait guna menyelesaikan persoalan yang ada.

Tak hanya itu, pihak bandara juga meminta agar pemilik lahan tidak melakukan tindakan tindakan yang dapat mengganggu aktivitas pelayanan di Bandara Djalaludin Gorontalo.

 

#sengketalahanbandara

#bandaradjalaludin

#gorontalo

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x