Kompas TV regional berita daerah

Mesjid Tua Al Amin Masih Berfungsi Meski Sempat Terdampak Tsunami

Kompas.tv - 5 April 2024, 17:41 WIB
Penulis : KompasTV Palu

DONGGALA, KOMPAS.TV - Mesjid Al Amin Wani merupakan salah satu mesjid tertua di Sulawesi Tengah dan masuk dalam cagar budaya. Sempat terdampak tsunami pada tahun 2018, hingga kini mesjid itu masih difungsikan.

Dibangun pada tahun 1906, Mesjid Al Amin Wani Kabupaten Donggala kini berusia 118 tahun. Beberapa ornamen bangunan masih tetap dipertahankan untuk menjaga keaslian mesjid tua di Sulawesi Tengah itu.

Menurut tokoh masyarakat Wani, Mahdi Ahmad Taha Assegaf, tahun 2018 silam mesjid yang berjarak sekitar 100 meter ini sempat terdampak tsunami. Beberapa bagian sempat diperbaiki dan hingga kini masih dimanfaatkan.

Mesjid Al Amin Wani pun masuk menjadi salah satu cagar budaya peninggalan warga keturunan Arab yang datang ke Donggala. Menurut Akademisi Universitas Untad Fuad Zubaidi, struktur bangunan yang menyesuaikan daerah bencana alam yang menjadikan Masjid Al Amin masih kokoh hingga sekarang.

Gaya arsitektur bangunan mencampur budaya Arab, Melayu dan Cina menjadikan mesjid ini unik dari mesjid masa kini. Beberapa bagian bangunan memang sudah dilakukan renovasi. namun tiang penyangga bangunan masih tetap dipertahankan.

Kini pengurus Mesjid Al Amin Wani telah mendirikan yayasan untuk pendidikan bagi warga Desa Wani. Keaslian dan ciri khas Mesjid Tua Al Amin Wani pun masih terus dijaga hingga sekarang.

#MesjidTua #MesjidAlAminWani #BangunanBersejarah 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x