Kompas TV regional berita daerah

Kue Karawo Khas Gorontalo Jadi Ladang Cuan Bagi Pelaku UMKM

Kompas.tv - 4 April 2024, 13:17 WIB
Penulis : KompasTV Gorontalo

BONE BOLANGO, KOMPAS.TV – Jika anda berkunjung ke Gorontalo, anda bisa menikmati beragam kue khas daerah serambi Madinah ini, apalagi jelang lebaran idul fitri ada kue kering yang paling banyak diburu, yaitu kue karawo.

Karawo diambil dari nama kain tradisional Gorontalo yang terkenal  dengan motif yang cantik. Motif kain inilah yang kemudian dituangkan pada permukaan kue sehingga menghasilkan kue karawo yang memiliki corak khas serta mengundang selerah untuk menikmatinya.

Sejak dikenalkan ke masyarakat, ada sejumlah kelompok usaha UMKM yang kemudian mengembangkan kue ini menjadi usaha yang kini menjadi ladang cuan.

Saat ini ada kurang lebih 21 UMKM yang tergabung dalam sentra kue Karawo Kabupaten Bone Bolango di Gorontalo. 15 diantaranya telah memiliki izin lengkap termasuk lebel halal dari MUI.

Bagi warga, Kue Khas Gorontalo ini harus dilestarikan dan lebih dikelolah dengan baik agar bisa dikenal luas hingga ke luar daerah.  

Perkembangan pesat  yang dicapai  saat ini ternyata  membutuhkan pengelolaan yang baik dan terkontrol, mulai dari menegemen bahan baku, disain motif hingga pemasaran  yang terus mendapat pengawasan dari pembina sentra. 

Sejak terbentuk pada tahun 1995 UMKM yang tergabung dalam sentra kue Karawo terus kebajiran order. kebanyakan datang dari perkantoran  pemerintah, instansi swasta serta pendatang.

Hari besar keagamaan seperti lebaran saat ini, menjadi momen pelaku umkm kue karawo meraup cuan tertinggi dari hari biasa.

Per toples kue karawo dijual dengan harga 300 hingga 350 ribu rupiah. Sementara jumlah orderan yang datang saat lebaran  mencapai 4 ribu lebih toples.

Momen tahunan seperti ini, omzet setiap pelaku umkm mencapai lebih dari satu milyar. 

Baca Juga: Tradisi Tumbilotohe di Gorontalo Beralih Gunakan Lampu Listrik, Penjualan Lampu Botol Sepi Peminat

Hingga pertengahan Ramadan, jumlah produksi kue karawo yang berhasil diselesaikan oleh seluruh  umkm yang tergabung dalam sentra kue karawo mencapai 16 ribu toples.

Kini, sentra kue karawo di Kabila Kabupaten Bone Bolango, tak hanya mendatangkan pendapatan bagi pengelolah tetapi juga  ikut menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat sekitar.

 

#KueKarawo

#KueKhasGorontalo

#UMKM

#gorontalo



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x