Kompas TV regional jawa barat

Penyebab Longsor Tol Bocimi Menurut PT Waskita Toll Road: Gerusan Air akibat Hujan Deras

Kompas.tv - 4 April 2024, 10:57 WIB
penyebab-longsor-tol-bocimi-menurut-pt-waskita-toll-road-gerusan-air-akibat-hujan-deras
Tangkapan layar dari video amatir yang menunjukan lubang dalam ruas jalan Tol Bogor-Cianjur-Sukabumi atau Bocimi dari arah Jakarta menuju Sukabumi yang amblas. (Sumber: Kompas TV)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - PT Waskita Toll Road mengungkapkan longsor yang terjadi di Jalan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) KM 64, Kecamatan Ciambar, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, arah Sukabumi disebabkan oleh gerusan air akibat hujan deras pada Rabu (3/4/2024).

"Diduga longsor terjadi karena gerusan air akibat hujan deras sekitar lokasi," kata Corporate Secretary PT Waskita Toll Road Alex Siwu dikutip dari Antara, Kamis (4/4).

Baca Juga: Imbas Longsor Tol Bocimi, Lalin Arah Jakarta Dialihkan, Parungkuda Ditutup Sementara

Alex menjelaskan bahwa area yang terdampak oleh bencana longsor adalah lajur 1 mainroad Jalan Tol Bocimi. Akibat kejadian tersebut, terdapat laporan bahwa satu unit mobil terperosok ke area jalan yang longsor dan proses evakuasi masih berlangsung.

Untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya kejadian serupa, akses arah dari Parungkuda menuju Ciawi ditutup sementara. Langkah ini diambil untuk menghindari potensi longsor susulan dan menjaga keselamatan pengguna jalan.

Baca Juga: Rekaman Amatir Longsor di KM 64 Tol Bocimi, 1 Mobil Masuk ke Jurang

"Pengamanan di sekitar lokasi dan di gerbang Tol Parungkuda kami perketat antisipasi adanya kendaraan yang masuk dari Jakarta/Bogor ataupun Sukabumi masuk ke jalur tersebut," tambahnya.

Kejadian longsor di Tol Bocimi KM 64-600 terjadi sekitar pukul 20.00 WIB setelah hujan deras melanda wilayah sekitar. Satu unit minibus dilaporkan terperosok ke dalam jalan yang longsor sebagai dampak dari kejadian tersebut.

Baca Juga: Usai Tol Bocimi Resmi Dibuka Tol Sukabumi Barat Akan Dilanjutkan

Menurut Kepala Polres Sukabumi AKBP Tony Prasetyo, tidak ada korban jiwa dalam insiden ini. Namun, dua penumpang Isuzu Panther yang terperosok mengalami luka-luka dan telah dievakuasi ke RSUD Sekarwangi Cibadak, Kabupaten Sukabumi.

Tony menambahkan bahwa satu penumpang yang terluka masih dalam kondisi sadar, namun mengalami luka pada kaki. Korban telah dipapah ke ambulans untuk dibawa ke rumah sakit.

Baca Juga: Pasca Diresmikan Tol Bocimi Seksi II Digratiskan Selama 2 Minggu

Selain itu, sebuah truk juga mengalami kecelakaan tunggal atau terguling saat mencoba menghindari lubang jalan yang longsor di sekitar lokasi kejadian. Beruntung, sopir dan penumpangnya tidak mengalami luka serius.

"Korban jiwa tidak ada, namun dua penumpang Isuzu Panther yang mobilnya terjerembab ke dalam lobang jalan yang longsor mengalami luka-luka dan sudah dievakuasi ke RSUD Sekarwangi Cibadak, Kabupaten Sukabumi," kata Tony.


 

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x