Kompas TV regional jabodetabek

Amankan Mudik Lebaran 2024 di Kawasan Bandara Soetta, Polisi Siapkan 300 Personel

Kompas.tv - 27 Maret 2024, 20:41 WIB
amankan-mudik-lebaran-2024-di-kawasan-bandara-soetta-polisi-siapkan-300-personel
Ilustrasi Bandara Soetta. (Sumber: Humas AP II PT Angkasa Pura II)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Deni Muliya

TANGERANG, KOMPAS.TV - Kepolisian Resor Kota (Polresta) Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) mengambil langkah preventif menyiapkan 300 personel untuk mengamankan arus mudik Idul Fitri 1445 Hijriah.

Wakapolresta Bandara Soetta, AKBP Ronald Fredy Christian Sipayung menyatakan, ratusan personel tersebut akan disebar di seluruh area terminal.

Baik di bagian kedatangan maupun keberangkatan di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten.

Jumlah pasukan pengamanan itu masih dapat bertambah dengan bergabungnya personel dari berbagai instansi terkait.

"Berkaitan dengan aktivitas arus mudik dan arus balik Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah, Polresta Bandara Soetta akan menurunkan kurang lebih 300 petugas dari total keseluruhan sebanyak 541 personil," ujarnya dikutip dari Antara.

Selain itu, penempatan personel juga akan dilakukan di ruas jalan yang dilewati pengendara menuju dan meninggalkan bandara terbesar di Indonesia ini.

Baca Juga: Mudik Lebaran 2024: DLU Siapkan 5 Kapal, Antisipasi Lonjakan 17% Pemudik di Semarang

Hal tersebut dilakukan untuk mengantisipasi kemacetan lalu lintas yang mungkin terjadi dan memastikan kelancaran arus kendaraan.

"Tentunya pengamanan tidak hanya dilakukan pada area terminal, tetapi juga titik-titik rawan seperti pertigaan pintu masuk dan pintu keluar, Jalur Parameter Utara, Parameter Selatan dan semua titik-titik yang banyak aktivitas masyarakat," katanya.

Polresta Bandara Soetta juga menyiapkan langkah menghadapi lonjakan jumlah penumpang yang menggunakan moda transportasi udara.

Termasuk pendirian posko pelayanan, posko pengamanan, dan posko terpadu yang memantau aktivitas penumpang di setiap terminal.

Posko-posko ini akan beroperasi selama dua pekan seiring dengan dimulainya Operasi Ketupat Jaya Hari Raya Lebaran.

"Posko pelayanan, pengamanan dan terpadu ini akan dimulai sejak H-5 sampai nanti sampai H+7 Hari Raya Idul Fitri 2024," terangnya.

Selain personel polisi, pengamanan juga akan diperkuat dengan kehadiran tim khusus dari Polda Metro Jaya, termasuk tim penjinak bom dan anjing pelacak.

Baca Juga: Persiapan Mudik Lebaran 2024, Perbaikan Jalur Pantura Dikebut



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x