Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Tegakkan Demokrasi, Generasi Muda Semarang Ikut Awasi Pemilu

Kompas.tv - 26 Maret 2024, 12:04 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Mantan Sekretaris Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jateng, KH Hudallah Ridwan yang akrab dipanggil Gus Huda mengingatkan bahwa tujuan demokrasi adalah untuk memperjuangkan kebenaran bukan semata memperjuangkan kemenangan.

Penegasan tersebut disampaikan Gus Huda saat menjadi narasumber pada giat diskusi bertajuk Public Sharing - Jalan Terjal Demokrasi, yang digelar oleh Gerakan Milenial Peduli Bangsa di Kota Semarang.

Untuk menjaga dan meningkatkan indeks demokrasi maka peran anak muda menjadi penting. Terlihat dari data pemilu kemarin menunjukan anak-anak muda 60 persen lebih.

Menurutnya bahwa demokrasi jangan hanya dilihat dari sistem dan aturannya, tetapi juga melihat manusia yang menjadi aktor pelaksana dari demokrasi.

“Bahwa untuk menjaga, meningkatkan indeks demokrasi, peran anak muda sangat penting. Pertama bahwa anak muda kemarin di data pemilu kan 60 persen lebih ya, ini merupakan angka yang sangat luar biasa. Maka saya sangat senang sekali bahwa keperdulian dan semangat anak muda untuk terlibat terhadap kehidupan demokrasi dan masa depan demokrasi itu sangat bagus, dan ini perlu kita dorong terus dan kita semagati terus supaya demokrasi ini benar-benar bisa mensejahterakan masyarakat dan mempercepat Indonesia menggapai tujuan kemerdekaan,” tutur KH Hudallah Ridwan.

Meskipun demokrasi tidak lahir dalam dunia Islam tetapi kalangan agamawan terutama Islam menerima konsep demokrasi karena memperjuangkan kebenaran dan optimis dengan masa depan demokrasi di Indonesia yang sebenarnya sangat ditentukan oleh generasi muda yang menjadi penerus bangsa.

#demokrasi #generasimilenial #semarang

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x