Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Saat Diikat, Sapi Berbobot 400 Kilogram Tercebur Sungai Sedalam 15 Meter

Kompas.tv - 26 Maret 2024, 12:39 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

KLATEN, KOMPAS.TV - Seekor sapi betina jenis simmental berbobot 400 kilogram tercebur ke sungai sedalam 15 meter, di Sungai Tumpak, Kecamatan Tulung, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.


Awalnya sapi betina jenis simmental ini selesai dimandikan dan dikeluarkan dari kandangnya. Saat diikat di pinggir Sungai Tumpak, sapi justru tercebur ke dalam sungai sedalam 15 meter, di Sungai Tumpak, Desa Pomas, Kecamatan Tulung, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

Pemilik sapi langsung melaporkan peristiwa ini kepada petugas Damkar Kabupaten Klaten. Mendapatkan laporan sapi tercebur kedalam sungai, tim damkar, petugas BPBD dan tim SAR Klaten, berusaha mengevakuasi sapi tersebut.

Tim gabungan menggunakan teknik katrol, karena kondisi medan dasar sungai yang cukup ekstrem serta berat sapi simmental yang berbobot 400 kilogram, membuat proses evakuasi memakan waktu cukup lama.

Proses evakuasi pengangkatan sapi simmental dari dasar sungai memakan waktu lima jam, dengan teknik katrol. Evakuasi dimulai pukul 12 siang dan berhasil dievakuasi pukul lima sore hari.

“Evakuasi sapi yang tercebur di dalam sungai sedalam 15 meter. Untuk proses pananganan, menggunakan teknik katrol dan berlangsung sekitar lima jam,” tutur Abdul Wahid, petugas Damkar Kabupaten Klaten.

Sapi berbobot 400 kilogram, akhirnya bisa diangkat ke atas dalam keadaan hidup, dinaikan ke dalam mobil pikap, kemudian diserahkan kepada pemilik.

#sapitercebur #klaten #evakuasi



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x