Kompas TV regional jabodetabek

Gudang Lazada Kebakaran, Warga Dengar Suara Ledakan, Petugas Sempat Jatuh dari Tangga

Kompas.tv - 22 Maret 2024, 10:09 WIB
gudang-lazada-kebakaran-warga-dengar-suara-ledakan-petugas-sempat-jatuh-dari-tangga
Kebakaran melanda di Gedung Lazada, Cengkareng, Jakarta Barat, Kamis (21/3/2024) malam. (Sumber: Kompas.com/Rizky Syahrial)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kebakaran terjadi di sebuah gedung yang menjadi gudang perusahaan e-commerce Lazada di Jalan Pesing Poglar, Kalimati, Cengkareng, Jakarta Barat, Kamis (21/3/2024) malam.

Warga sekitar yang bernama Ifan (32) mengatakan bahwa ia melihat asap mengepul dari arah gudang Lazada. Tak lama kemudian, ledakan besar terdengar dari dalam.

“Pertama sekitar pukul 22.00 WIB, saya melihat ada asap dulu dari arah situ (gudang). Jarak rumah saya ke yang kebakaran nggak begitu jauh, sekitar 50 meter lah, jadi suara (ledakan) terdengar jelas,” ucap Ifan, Kamis malam.

Baca Juga: Kebakaran 6 Bangunan di Kota Manado, Petugas Damkar sampai Sesak Napas dan Terkena Sengatan Listrik!

Hal ini juga dibenarkan oleh warga lain yang bernama Ridho. Ia mengatakan bahwa warga sekitar melihat asap membubung tinggi dari gedung.

“Awalnya lihat asap dulu. Kalau tidak salah, setelah itu ada bunyi ledakan,” kata Ridho.

Dalam proses pemadaman oleh petugas pemadam kebakaran (damkar), terdapat satu petugas yang terjatuh dari tangga saat sedang mencoba memadamkan api.

Kasi Ops Sudin Gulkarmat Jakarta Barat Syarifuddin mengatakan bahwa petugas tersebut tidak mengalami luka serius dan selamat.

“Ya, jatuh dari tangga. Alhamdulillah jadi tidak ada benturan. Beliau sudah aman,” kata Syarifuddin.

Petugas damkar tersebut juga sempat dibawa ke mobil untuk penanganan lebih lanjut. Beruntung, ia dapat kembali bekerja.

Syarifuddin menjelaskan bahwa petugas tersebut jatuh lantaran tak dapat mengontrol air dari selang yang cukup deras.

Jumat (22/3/2024) dini hari, kebakaran di Gudang Lazada sudah masuk ke dalam proses pendinginan. Petugas damkar berhasil memadamkan api agar tidak merembet ke permukiman warga.

Baca Juga: Lazada Singapura PHK Ratusan Pegawai, Pesangon Lebih Rendah dari Shopee dan Grab

Syarifuddin bilang, petugas sempat kesulitan memadamkan kebakaran di gudang Lazada lantaran banyaknya material yang mudah terbakar.

Selain itu, jarak antara sumber air ke lokasi juga cukup jauh sehingga petugas harus mengulur selang karena area yang luas.

“Materi yang terbakar cukup banyak dan bahan-bahan yang mudah terbakar dan sulit dipadamkan. Selang pun agak jauh karena dekat sini tidak ada air,” jelasnya.


 

 



Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x