Kompas TV regional sumatra

Menelusuri Keindahan Mesjid Tuha Indrapuri

Kompas.tv - 21 Maret 2024, 16:35 WIB
Penulis : KompasTV Aceh

ACEH BESAR, KOMPAS.TV - Kali ini saya berkesempatan mengunjungi salah satu Mesjid di Indrapuri Aceh Besar, yang menyimpan segudang sejarah peradaban islam di nusantara. Orang orang menyebutnya mesjid Tuha Indrapuri, keindahan dan arsitektur bangunannyapun tak perlu diragukan lagi.

Ada tiga tingkatan dan puluhan anak tangga untuk menuju ke mesjid tua ini, anda akan melihat keindahan mesjid begitu tiba dilokasi. Pemandangan disekitarnyapun membuat hati tenang dengan aliran sungai dan pepohonan.

Saya takjub melihat dinding candi yang masih kokoh setelah ratusan tahun, kondisi yang begitu bagus dan masih tertata rapi. Pada masa Kesultanan Iskandar Muda berjaya, Indrapuri adalah salah satu daerah yang pernah ditempati oleh orang-orang Hindu di Aceh. Candi Hindu itu dulu juga dikenal dengan benteng atau kerajaan orang hindu.

Memasuki ke dalam mesjid saya seperti kembali ke masa lalu. Puluhan tiang masih kokoh berdiri sebagai penyangga. Menurut pengakuan warga, tiang-tiang ini belum pernah di ganti meskipun yang lain telah beberapa kali dilakukan renovasi.

Atap yang memiliki tiga tingkatan, dengan ukiran pada sudut sudut yang khas membuat mesjid ini semakin indah.

Selama bulan Suci Ramadan, mesjid ini akan ramai dengan sejumlah kegiatan keagamaan seperti salat berjamaah, buka puasa bersama, tarawih, hingga tadarus.

Warga akan berkumpul begitu azan berkumandang. Seperti hari ini, setelah melaksanakan ibadah Salat Zuhur berjamaah, warga akan menghabiskan waktu dengan bersantai, tidur, hingga membaca Alquran.

Bisa berkunjung ke salah satu mesjid tertua di aceh besar ini, merupakan pengalaman yang tak tergantikan bagi saya, apalagi dibulan Suci Ramadan, untuk menambah pengetahuan tentang jejak Islam di Aceh.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x