Kompas TV regional sumatra

NEWS OR HOAX |Hoax Mengkonsumsi Ayam Broiler Berbahaya Bagi Kesehatan

Kompas.tv - 19 Maret 2024, 12:37 WIB
Penulis : Kompastv Lampung

LAMPUNG, KOMPAS.TV - HOAX MENGKONSUMSI AYAM BROILER BERBAHAYA BAGI KESEHATAN

       Beredar informasi ayam broiler berbahaya bagi kesehatan karena telah disuntik hormon untuk mempercepat pertumbuhan. Dalam unggahan disebut, jika sering mengonsumsi ayam broiler  akan mengakibatkan berlebihnya kadar hormon esterogen sehingga hormon lain di dalam tubuh dapat terganggu bahkan berubah. Namun hal ini dibantah oleh Dosen Fakultas Peternakan Universitas Gadjah Mada, Ali Agus. Ia menegaskan secara teknis tidak memungkinkan menyuntik satu per satu ayam broiler. Lebih lanjut dilansir Kompas.com,  ayam broiler bisa dipanen lebih cepat dibandingkan ayam kampung karena faktor genetik, bukan suntikan hormon. Jadi, informasi yang menyebut mengonsumsi ayam broiler berbahaya bagi kesehatan adalah tidak benar atau hoaks.

 

HOAX  CARA MENGHEMAT GAS LPG DENGAN MERENDAM TABUNG GAS DALAM AIR

Beredar informasi  tentang cara menghemat pemakaian gas LPG 3 KG dengan merendamnya dalam air. Narasi disertai video tabung gas ukuran 3 KG yang direndam dalam air, sebelum digunakan untuk menyalakan kompor. Setelah ditelusuri, informasi ini sebelumnya telah beredar pada Janurai 2023. Dilansir kompas.com Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga Irto Ginting mengatakan, tabung LPG  yang direndam dalam air secara terus-menerus tidak direkomendasikan karena akan mempercepat proses korosi pada tabung. Hal ini dipertegas oleh Peneliti Pusat Riset Metalurgi Brin Yudi Nugraha Thaha yang mengatakan, tabung yang direndam sampai mengambang justru berisiko menyebabkan regulator tidak stabil dan rawan bocor. Jadi informasi yang menyebut  cara menghemat pemakaian gas LPG dengan merendam dalam air saat menggunakannya adalah tidak benar atau hoaks.

 

HOAX GELOMBANG TINGGI HANYUTKAN RIBUAN RUMAH DI BANTEN

       Beredar informasi gelombang tinggi  menghanyutkan ribuan rumah warga di Banten. Namun, setelah ditelusuri tim menemukan narator video hanya membacakan ulang artikel Antara News yang berjudul “BMKG: waspada gelombang tinggi 2,5 meter di Selatan Banten. Keterangan artikel berisi imbauan dari BMKG agar nelayan mewaspadai gelombang setinggi 2,5 meter di Perairan Selatan Banten, Samudera Hindia dan Selat Sunda bagian Selatan pada selasa 5 Maret 2024 lalu. Jadi, informasi gelombang tinggi  menghanyutkan ribuan rumah warga di Banten adalah tidak benar atau hoaks.

 

HOAX PROGRAM MAKAN SIANG GRATIS AKAN DILAKUKAN DI KEBUN BINATANG

        Beredar informasi  video calon Wakil Presiden nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka menuturkan soal program makan siang gratis di dalam kebun binatang. Setelah ditelusuri, konten tersebut identik dengan video di kanal youtube Kompas TV. Video tersebut mencuplik saat Gibran menanggapi pertanyaan soal infrastruktur social dalam debat Pemilihan Presiden 2024  di Jakarta Convention Center, pada 22 Desember 2023 lalu. Jadi, video video Gibran yang menyebut program makan siang gratis di dalam kebun binatang merupakan hasil manipulasi, sehngga tidak benar atau hoaks.

 

#Hoax #makansianggratis #gelombangtinggi



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x