Kompas TV regional papua maluku

Juni Ini Smelter Nikel Akan Segera Dibangun di Sorong Papua Barat Daya

Kompas.tv - 18 Maret 2024, 19:11 WIB
Penulis : KompasTV Sorong

SORONG, KOMPAS.TV - Guna percepatan ground breaking pembangunan pabrik smelter nikel pertama di Tanah Papua, tepatnya di Kabupaten Sorong, Papua Barat Daya. Pemerintah daerah setempat bersama salah satu perusahan China yang akan berinvestasi melakukan rapat terbatas, untuk mengecek kesiapan pemerintah dalam penyediaan bahan baku serta infrastruktur di Kawasan Ekonomi Khusus Sorong.


Areal yang dibutuhkan untuk pembangunan pabrik smelter nikel seluas 1000 hektar, dari 500 hektar ketersedian lahan yang sudah siap di kawasan KEK Sorong, serta sejumlah fasilitas penunjang lainnya. Rencananya di kawasan KEK Sorong akan dibangun dua pabrik besar yakni pabrik smelter nikel serta pabrik baja.

Sebelumnya investor telah melakukan peninjauan guna memastikan kawasan tersebut layak untuk investasi, yang direncanakan investasi akan dilakukan senilai 79 Triliun. Investor berkomitmen akan menyiapkan seluruh persyaratan untuk melakukan investasi di Tanah Papua/khususnya di Sorong. 


Kehadiran pabrik smelter di Kawasan Ekonomi Khusus Kabupaten Sorong, diharapkan mampu meningkatkan perekonomian di Provinsi Papua Barat Daya, serta membuka ribuan lapangan pekerjaan bagi masyarakat khususnya Orang Asli Papua.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x