Kompas TV regional berita daerah

BI Sulteng Luncurkan Program SERAMBI Untuk Layanan Penukaran Uang

Kompas.tv - 16 Maret 2024, 20:16 WIB
Penulis : KompasTV Palu

PALU, KOMPAS.TV - Kantor Perwakilan Bank Indonesia  Provinsi Sulawesi Tengah, menggelar launching semarak Ramadhan dan Berkah Idul Fitri atau SERAMBI di halaman kantor BI Sulteng, program serambi ini bertujuan sebagai layanan Penukaran uang selama Ramadan dan idul fitri.

Strategi pemenuhan kebutuhan uang Rupiah dan layanan kas Bank Indonesia pada Kick Off SERAMBI 2024, sebagai layanan penukaran uang kepada masyarakat periode Ramadan dan Idul Fitri 1445 H, mengambil tema Bijak Gunakan Rupiah di Bulan Penuh Berkah.

Adapun tujuan pelaksanaan SERAMBI 2024 adalah untuk memastikan kebutuhan uang Rupiah layak edar dalam jumlah yang cukup dan pecahan yang sesuai serta kesiapan perbankan dalam layanan kas kepada masyarakat selama periode Ramadan dan Idul Fitri 2024

Menurut Kepala KPwBI Sulteng, Rony Hartawan, BI berkomitmen menyiapkan kebutuhan uang tunai  diperkirakan sebesar 1,76 Triliun pada periode Ramadan dan Idul Fitri 1445 H, yakni naik 20,55 % dari tahun 2023.

Menurutnya, kenaikan tersebut  memperhatikan antisipasi kebutuhan selama bulan Ramadan dan libur Idul Fitri, serta pembayaran gaji, THR dan pembayaran rapelan kenaikan gaji pegawai ASN, TNI, Polri sebesar 8% tahun 2024.

Dalam rangka mendukung layanan kas yang prima, BI Sulawesi Tengah menggandeng perbankan untuk memberikan layanan penukaran uang kartal kepada masyarakat.

Terdapat 19 bank yang telah berkomitmen akan memberikan layanan penukaran uang kepada masyarakat melalui 60 cabang yang tersebar di Sulawesi Tengah.

Layanan penukaran uang di perbankan akan dimulai pada tanggal 25 Maret sampai dengan tanggal 3 April 2024, sementara untuk hari dan waktu pelaksanaan serta batasan penukaran uang menyesuaikan dengan kebijakan masing-masing bank.

#BankIndonesia #SERAMBI #IdulFitri 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x