Kompas TV regional jawa timur

Produksi Cincau Meningkat di Bulan Ramadan

Kompas.tv - 15 Maret 2024, 19:05 WIB
Penulis : KompasTV Malang

MALANG, KOMPAS.TV - Salah satu produsen cincau di Kota Malang kebanjiran pesanan di Bulan Ramadan.

Produsen cincau Mak Cao yang ada di kawasan Kebalen Kota Malang ini terus memproduksi cincau hitam. Di momen Bulan Puasa Ramadan menjadi waktu panen bagi produsen cincau. 

Dalam sehari produsen cincau yang cukup legendaris ini bisa memproduksi 300 hingga 400 kotak cincau jumlah tersebut akan langsung ludes dalam sehari. Padahal di luar Bulan Ramadan, produksi cincau sekitar 30 kotak perhari.

Haryati, produsen cincau mengaku, di awal Ramadan permintaan cincau sempat turun. Hal tersebut dikarenakan hujan yang terus mengguyur wilayah malang raya, hal tersebut sangat beralasan, karena cincau menjadi campuran minuman es yang menyegarkan sebagai menu buka puasa.

Namun kini, menurut Haryati permintaan cincau hitam produksinya kembali meningkat bahkan Haryati bersama pekerjanya cukup kewalahan melayani permintaan pelanggan. Meski permintaan meningkat, namun haryati tidak menaikkan harga jual cincau, yakni Rp 50 ribu per kotak 

"Hari pertama kemarin itu sempat sepi karena hujan terus pagi siang malam, kalo sekarang kan panas jadi pesanan meningkat" Kata Haryati 

Produsen cincau yang sudah ada sejak tahun 1964 ini mengakui, akhir akhir ini dirinya kesulitan mendapatkan bahan baku dauan cincau. Karena kondisi cuaca yang kurang bagus, petani jarang menanam tanaman cincau. Untuk bahan baku, Haryati mendatangkan langsung dari Ponorogo karena memiliki kualitas yang bagus.

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x