Kompas TV regional berita daerah

Masjid Cheng Ho Dengan Arsitek Khas Tiongkok

Kompas.tv - 13 Maret 2024, 14:31 WIB
Penulis : KompasTV Makassar

MAKASSAR, KOMPAS.TV - Masjid cheng ho yang tak hanya jadi tempat peribadatan bagi umat muslim . Masjid ini juga memiliki arsitektur unik dengan ciri khas negeri tirai bambu . Seperti apa masjid cheng ho yang namanya diambil dari seorang penjelajah asal tionghoa . Berikut liputannya.

Masjid muhammad cheng ho berdiri megah di danau tanjung bunga kota Makassar. Masjid dengan arsitektur unik ini jadi pembeda di tengah banyaknya bangunan di kawasan tersebut.

Berdiri sejak tahun 2012  masjid ini tak hanya jadi tempat peribadatan bagi umat muslim  tapi juga jadi lokasi wisata religi .

Masjid ceng ho Makassar di bangun atas inisiasi dari persatuan islam tionghoa Indonesia Sulawesi Selatan . Sebagaimana masjid cheng ho lainnya  dominasi warna merah cerah  serta kubah berbentuk pagoda jadi pembeda. Namun khusus di Makassar  unsur–unsur budaya kota daeng dimasukkan ke dalam bangunan.

Masjid cheng ho kini tak hanya jadi simbol kebudayaan dan tempat ibadah. Masjid ini juga jadi tempat untuk lebih mengenal muslim tionghoa dan gaya arsitektur negeri tirai bambu .

Nama muhammad cheng ho sendiri di ambil dari seorang penjelajah asal tionghoa di tahun 1400-an . Selain mendatangi banyak negara termasuk indonesia  ekspedisi laksamana cheng ho juga dilakukan untuk menyebarkan agama islam.


#masjidcengho
#ramadhanmakassar
#nuansaramadhan



Sumber : Kompas TV Makassar

BERITA LAINNYA



Close Ads x