Kompas TV regional jawa timur

Berkah Ramadan Bagi Tukang Bersih-Bersih Makam

Kompas.tv - 11 Maret 2024, 20:53 WIB
Penulis : KompasTV Malang

MALANG, KOMPAS.TV-Momen tahunan berziarah ke makam membawa berkah bagi penyedia jasa pembersih makam.

Salah satu TPU yang mulai ramai didatangi masyarakat untuk berziarah adalah TPU Kasin Kota Malang. Menjelang bulan puasa ramadan tradisi berziarah ke makam keluarga dan leluhur menjadi hal kerap dilakukan. Momen ini pun dimanfaatkan oleh sejumlah orang yang menyediakan jasa bersih bersih makam.

Tono, salah satu tukang bersih bersih makam, yang dengan cekatan membantu peziarah untuk membersihkan makam keluarganya. Tono tidak memasang tarif untuk pekerjaan yang ia lakukan.

Warga yang menggunakan jasanya memberikan upah berbeda-beda. Mulai dari  Rp 5 ribu - Rp 50 ribu. Pada momen ramadan tahun ini, Tono mengaku dapat mengantongi uang sebanyak Rp 400 ribu per hari dari pekerjaannya membersihkan makam.

"Alhamdulillah meningkat, kalo biasanya ya Rp 50 ribu kadang ya ga sampe, kalo maleman gini bisa sampe Rp 400 ribu," Terang Tono.

Mayoritas warga yang menggunakan jasa tukang bersih bersih makam adalah warga luar kota yang tidak sempat pulang untuk membersihkan makam keluarga atau leluhur di TPU Kasin Kota Malang.

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x