Kompas TV regional berita daerah

Intip Produksi Kolang Kaling yang Banjir Pesanan saat Ramadan

Kompas.tv - 11 Maret 2024, 12:43 WIB
Penulis : Kompastv Lampung

LAMPUNG, KOMPAS.TV - Menjelang bulan ramadan ternyata menjadi berkah tersendiri bagi para pengusaha kolang kaling salah satunya di kampung pelangi peninjauan Kota Bandar Lampung.

Baca Juga: Tersangka Joki CPNS Kejaksaan 2023 Bertambah 4 Orang

Kampung yang menjadi produsen kolang kaling terbesar di Lampung ini sudah mulai banjir pesanan dari banyak pasar tradisional dan ritel modern baik didalam kota hingga luar daerah.

Terdapat beberapa tahap dalam proses pembuatan kolang kaling. Pertama buah pohon aren dipisahkan terlebih dahulu dari batangnya, selanjutnya direbus untuk menghilangkan getah, lendir serta membuatnya matang dan empuk.

Setelah melewati proses perebusan yang memakan waktu beberapa jam selanjutnya pengupasan dilakukan hingga buah kolang kaling berwarna putih dikeluarkan dari cangkangnya.

Agar kolang kaling memiliki tekstrur kenyal, maka harus dipipihkan atau digeprek menggunakan alat tradisional yang lalu direndam selama 3 hari hingga buah yang kaya manfaat baik untuk kesehatan ini bisa dinikmati dengan berbagai olahan.

Berkah menjelang bulan ramadan ternyata tidak hanya dirasakan bagi para pengusaha kolang kaling melainkan warga sekitar tempat usaha khususnya kaum ibu rumah tangga yang diberdayakan sebagai pekerja.

Mereka merasa senang lantaran bisa mendapatkan tambahan uang untuk kebutuhan dapur.

Anjas Supriyadi salah satu pengusaha kolang kaling  mengaku permintaan konsumen naik 30 persen dan diperkirakan akan bertambah ketika di bulan ramadan.

Anjas menjual kolang kaling produksinya seharga 11 ribu hingga 15 ribu rupiah per-kilogram, harga ini sedikit lebih mahal dibanding hari biasanya lantaran tingginya permintaan dan harga bahan baku buah pohon aren yang didapat dari wilayah Lampung Barat juga ikut naik.

Di bulan ramadan, buah kolang kaling digunakan sebagai pelengkap hidangan saat berbuka puasa sebagai campuran kolak, sop buah dan kudapan lain yang menyegarkan.

Tak heran buah yang kaya akan kandungan karbohidrat potasium, kalsium, vitamin a, b dan c ini selalu diburu masyarakat saat ramadan.

#kolangkaling #hidangan #puasa



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x