Kompas TV regional kalimantan

Detik-Detik Evakuasi Pilot dan Teknisi Pesawat Smart Air yang Jatuh di Binuang Kaltara

Kompas.tv - 11 Maret 2024, 08:38 WIB
detik-detik-evakuasi-pilot-dan-teknisi-pesawat-smart-air-yang-jatuh-di-binuang-kaltara
Tim SAR Gabungan saat akan mengevakuasi kru pesawat Pilatus PC-6 Porter PK-SNE milik maskapai penerbangan Smart Aviation yang jatuh di lokasi hutan di Binuang, Nunukan, Kalimantan Utara, Minggu (10/3/2024). (Sumber: Basarnas Tarakan via ANTARA)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Edy A. Putra

TARAKAN, KOMPAS.TV - Tim SAR Gabungan berhasil mengevakuasi dua kru pesawat Pilatus PC-6 Porter PK-SNE milik maskapai penerbangan Smart Aviation pada Minggu (10/3/2024).

Pesawat Pilatus PC-6 Porter PK-SNE tersebut sempat hilang kontak pada Jumat (8/2), sebelum akhirnya ditemukan jatuh di hutan Binuang, Krayan, Kalimantan Utara (Kaltara) pada Minggu.

Kepala SAR Tarakan, Syahril, menyebut proses evakuasi kedua korban dilakukan pada pukul 16.22 Wita dengan helikopter milik TNI Angkatan Udara (TNI AU). 

"Berhasil mengevakuasi dua korban dibantu dengan Tim SAR Gabungan, 10 orang di bawah di lokasi pesawat," kata Syahril dalam Kompas Malam Kompas TV, Minggu.

"Pada pukul 16.36 Wita sudah dievakuasi dua korban." 

Selanjutnya pada pukul 17.22 Wita, kedua korban diterbangkan ke Tarakan untuk mendapat perawatan di Rumah Sakit dr. Jusuf SK.

Meski kru pesawat Smart Air telah berhasil dievakuasi, namun Syahril mengatakan tim SAR masih akan melanjutkan operasi hingga hari ini, Senin (11/3).

Menurut penjelasannya, operasi tersebut dilakukan untuk mengangkut sejumlah tim gabungan yang masih berada di lokasi kejadian.

"Untuk selanjutnya, kami akan melakukan proses evakuasi pada besok pagi (hari ini, red) pukul 08.00 Wita, kami akan mencoba melaksanakan evakuasi untuk teman-teman di lapangan sebanyak 10 orang," jelasnya.

Baca Juga: Pilot Pesawat Smart Air Ditemukan Selamat, Begini Kata Dandim Malinau



Sumber : Kompas TV/Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x