Kompas TV regional papua maluku

Berkat PLTMH 24 Jam Non Stop Listrik Menyala di Pegunungan Bintang

Kompas.tv - 8 Maret 2024, 19:00 WIB
Penulis : KompasTV Sorong

JAYAPURA, KOMPAS.TV - Kementerian energi dan sumber daya mineral bersama PT. perusahaan listrik negara persero dan pemerintah Kabupaten Pegunungan Bintang, menggelar uji coba pembangkit listrik tenaga mikro hidro Kalomdol yang dibangun di Kampung Arinkop, Distrik Iwur, Kabupaten Pegunungan Bintang.

Pembangkit listrik tenaga mikro hidro atau PLTMH yang bersumber dari sungai Digul ini memiliki empat mesin dan menjadi yang terbesar di Papua yang dapat menghasilkan satu megawatt listrik.

Kepala unit pengendalian percepatan pembangunan infrastruktur kementerian ESDM, Simon Laksmono Himawan mengatakan, PLTMH ini dibangun selama tiga tahun menggunakan dana APBN dan menjadi yang terbesar yang dibangun oleh kementerian ESDM.

PLTMH ini dapat menghasilkan satu megawatt listrik dan bisa memenuhi kebutuhan listrik untuk Kabupaten Pegunungan Bintang, dimana keutuhan listriknya baru mencapai 0,7 megawatt.

Sementara itu, Bupati Pegunungan Bintang, Spei Yan Bidana, menyampaikan dengan beroperasinya PLTMH ini akan memenuhi kebutuhan listrik untuk masyarakat pegunungan bintang selama 24 jam non stop, karena selama ini masyarakat hanya dapat menikmati listrik selama 12 jam.

Kedepan, pihaknya akan membangun PLTMH dengan kapasitas lebih besar hingga lima megawatt sehingga bisa memenuhi kebutuhan listrik untuk beberapa kabupaten lain di Papua Selatan dan Papua Pegunungan sekaligus meningkatkan pendapatan asli daerah.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x