Kompas TV regional berita daerah

Simulasi Penanggulangan Bencana TNI AL

Kompas.tv - 7 Maret 2024, 16:30 WIB
Penulis : KompasTV Sukabumi

SUKABUMI,KOMPAS.TV - Berbagai cara dilakukan dalam pengurangan risiko bencana. TNI Angkatan Laut, melakukan edukasi dan sosialisasi serta simulasi kepada sejumlah Masyarakat. Pelatihan Penanggulangan Bencana Alam dilaksanakan di Wilayah kerja Lanal Kendari. Pelatihan penanggulangan bencana  merupakan program rutin yang dilaksanakan oleh TNI AL melalui Dispotmaral yang dilaksanakan setiap Tahun dan diutamakan di daerah-daerah yang rawan terhadap bencana. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran, kewaspadaan dan kesiapsiagaan Masyarakat. Sehingga tercipta Masyarakat yang tangguh dalam menghadapi bencana serta tercipta situasi yang aman dan kondusif, dalam rangka memperkokoh kemanunggalan TNI Angkatan Laut dan Rakyat.

Pengurangan risiko bencana, bertujuan untuk mengajak semua pihak untuk ikut berkolaborasi melakukan upaya pengurangan risiko di Lingkunganya masing masing. Hal ini sebagai upaya ikhtiar dalam pencegahan dan meminimalisir dampak terjadi bencana. Di dalam pengurangan risiko bencana ada pencegahan, mitigasi, kesiapsiagaan dan peringatan dini. Materi yang diberikan  meliputi sistem peringatan dini Gempa Bumi dan Tsunami, penanganan Korban Gempa Bumi dan Tsunami, sistem Komando penanganan darurat bencana, mekanisme penanganan Kelompok Rentan, Penyandang Disabilitas dan Pengungsi.

Kegiatan pelatihan di Wilayah kerja Lanal Kendari yang mengambil tema TNI Angkatan Laut menyelenggarakan Pelatihan  Penanggulangan Bencana Alam untuk menciptakan  Masyarakat yang tangguh dalam menghadapi bencana.

 

Sahabat Kompas TV Sukabumi! Jangan lupa like, comment, dan subscribe channel YouTube Kompas TV Sukabumi, juga aktifkan lonceng notifikasi agar tidak ketinggalan update mengenai isu-isu terkini di Indonesia.

Jangan lewatkan live streaming Kompas TV 24 jam non stop di https://www.kompas.tv/live.

Sosial Media Kompas TV Sukabumi:
YouTube : https://www.youtube.com/c/KompasTVSukabumi/videos
Instagram : https://www.instagram.com/kompastvsukabumi
Facebook : https://www.facebook.com/redaksikompastvsukabumi
Twitter : @ktvsukabumi



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Close Ads x