Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Kreasi Limbah Sampah Hasilkan Cuan

Kompas.tv - 4 Maret 2024, 14:12 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Limbah sampah di tangan orang kreatif maka bisa menghasilkan cuan. Salah satu yang berhasil memanfaatkan limbah sampah untuk di daur ulang menjadi aneka produk kreatif adalah relawan Bank Sampah Bina Lestari, Kelurahan Pandean Lamper, Kecamatan Gayamsari, Kota Semarang.

Pada puncak peringatan Hari Peduli Sampah Nasional 2024, Selasa (27/2/2023), relawan Bank Sampah Bina Lestari mengisi stand pameran yang diadakan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Tengah.

Ada beragam karya hasil olahan limbah yang dipamerkan, mulai dari dompet dari limbah bungkus minuman saset, patung robot, patung Diponegoro hingga aneka pot dari limbah galon air.

Bank Sampah Bina Lestari sendiri merupakan bank sampah yang dikelola oleh warga Kelurahan Pandean Lamper, yang berisikan 10 relawan, dengan masing-masing tugas. Setiap Sabtu dan Minggu, relawan ini rutin untuk mengambil dan memilah sampah yang ada di lingkungan mereka. Sedangkan dua relawan lain bertugas untuk membuat beragam kreasi dari limbah sampah yang sudah dibersihkan. Kegiatan ini dilakukan secara sukarela sebagai bentuk dari kepedulian terhadap lingkungan.

“Setiap hari Sabtu dan Minggu itu jadwalnya penggambilan sampah,setelah itu sampah akan dipilah mana yang akan dijual dan dibuat kerajinan,” tutur Supardi, pembuat kerajinan berbahan limbah.

Kreasi dari limbah sampah ini mengundang kekaguman pengunjung, termasuk Grace dan Shaqeena, yang masih sekolah dasar. Mereka berharap kegiatan ini bisa menginspirasi masyarakat untuk bisa lebih peduli terhadap sampah.

“Semoga yang lain lebih peduli dengan lingkungan, seperti tidak membuang sampah sembarangan sebaiknya (sampah) didaur ulang lagi,” ujar Grace dan Shaqeena, pengunjung.

Hasil kreasi limbah sampah ini ternyata bisa mendatangkan cuan. Karena unik, hasil kreasi dari limbah sampah ini laku dijual mulai dari Rp 15.000 hingga jutaan rupiah, tergantung jenis kreasi dan tingkat kesulitan pembuatan. Sayangnya penjualan masih dilakukan secara konvensional yaitu dari mulut ke mulut dan belum dilakukan secara online.

#limbahsampah #banksampah #semarang



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x