Kompas TV regional berita daerah

Diduga Adanya Pemindahan Suara Caleg Datangi Bawaslu

Kompas.tv - 29 Februari 2024, 18:55 WIB
Penulis : KompasTV Sukabumi

SUKABUMI, KOMPAS.TV - Diduga ada kecurangan pemindahan perolehan suara antar sesama Calon Legislatif Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan atau PDIP. Caleg PDIP Rojab Asyari melapor ke Bawaslu Kota Sukabumi, di Jalan Stadion Kota Sukabumi, terkait kecurangan yang diduga dilakukan oleh penyelenggara Pemilu di tingkat PPK saat Rapat Pleno digelar. Dari temuannya, Caleg bernama Rojab Asyari merasa dirugikan karena Caleg nomor urut Dua perolehan suaranya naik hampir 59 suara yang diduga dipindahkan dari Caleg nomor urut 1 dan Caleg nomor urut 3. Dengan membawa bukti surat C1 di sejumlah TPS hasil akhirnya tidak sama saat penghitungan pada Sidang Pleno di tingkat PPK. Bahkan pemindahan suara itu terjadi di Dua Kecamatan yaitu Kecamatan Cibeureum ada Empat TPS, dan Kecamatan Baros Dua TPS, yang diduga dialihkan perolehan suaranya ke caleg PDIP nomor urut Dua bernama Ujang Taofik.

Menurut Caleg PDIP Rojab Asyari, mengatakan pemindahan suara itu terjadi di Empat TPS di Kelurahan Limusnunggal Kecamatan Cibereum sebanyak 32 suara, sedangkan di Kecamatan Baros ada di TPS sebanyak 27 suara. Saat ini pihaknya menuntut Bawaslu untuk secepatnya melakukan Rapat Pleno rekapitulasi ulang ditingkat PPK, karena hal ini sudah sangat jelas dari salinan C1 terjadi pemindahan suara.

Selain itu, jika terindikasi adanya tindak pidana pihaknya menyerahkan ke Gakkumdu. Sementara Bawaslu Kota Sukabumi belum bisa memberikan keterangan terkait aduan tersebut.

 

Sahabat Kompas TV Sukabumi! Jangan lupa like, comment, dan subscribe channel YouTube Kompas TV Sukabumi, juga aktifkan lonceng notifikasi agar tidak ketinggalan update mengenai isu-isu terkini di Indonesia.

Jangan lewatkan live streaming Kompas TV 24 jam non stop di https://www.kompas.tv/live.

Sosial Media Kompas TV Sukabumi:
YouTube : https://www.youtube.com/c/KompasTVSukabumi/videos
Instagram : https://www.instagram.com/kompastvsukabumi
Facebook : https://www.facebook.com/redaksikompastvsukabumi
Twitter : @ktvsukabumi



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x