Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Mahasiswi Ciptakan Kaki Palsu Silikon untuk Disabilitas

Kompas.tv - 29 Februari 2024, 14:48 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Merry Sonia Subiantoro dan Annisa Luthfiyah Handayani menamai penemuan kaki palsu silikon ini dengan nama Silicon Particial Foot Prostetic. Penemuan ini berawal keinginan membantu teman mereka yang mengalami disabilitas pada kaki atau yang biasa disebut kongenital. Kebetulan jurusan kuliah keduanya berkaitan dengan ini yakni peminatan rehabilitasi medis pada biomedis Udinus.

Proses awal dilakukan dengan pengambilan data secara digital kaki pasien atau pengguna agar benar-benar sesuai dengan kondisi kaki pasien. Selanjutnya membuat desain dari kaki tersebut serta melakukan pengolahan material mentah dari silikon dan fiberglas untuk membentuk Silicon Particial Foot Prostetic. Proses pengerasan produk mereka ini membutuhkan waktu selama 24 jam. Keduanya berharap hasil karya ini bisa lebih banyak dikenal sehingga banyak memberi manfaat bagi para difabel.

“Mendapatkan pesanan kebutuhan dari kerabat difabel yang mengalami kelainan sejak lahir dengan kondisi telapak kaki sebagian (parsial foot). Kebetulan, kami merupakan mahasiswa peminatan rehabilitasi medis di prodi Teknik Biomedis Udinus yang mana peminatan ini mempelajari tentang bagaimana cara membuat dan mengembangkan alat bantu kesehatan termasuk kaki dan tangan prostetik,” ucap Merry.

Terkait hasil temuan ini, Dekan Fakultas Teknik Udinus Heru Agus Santoso, mengakui karya mahasiswa ini masih berupa prototipe dan perlu dukungan dan kerjasama dari berbagai pihak. Saat ini pihaknya sudah bekerjasama dengan kampus lain, seperti Institut Teknologi Surabaya, Undip dan Dinas Kesehatan Kota Semarang.

“Kami sangat bersyukur dengan adanya program studi Teknik Biomedis yang mendukung ke sana. Kita tahu bahwa alat-alat kesehatan mahal tetapi karya mahasiswa ini mampu menggantikan alat-alat tersebut,” tutur Heru.

Untuk membuat kaki palsu silikon ini, Merry dan Annisa membutuhkan waktu sekitar tiga bulan. Tantangan dalam kaki silikon ini yaitu proses manufaktur terkadang hasil cetaknya tidak sempurna.

#kakipalsusilikon #alatkesehatan #disabilitas



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Opini

Arch of Augustus di Rimini

28 April 2024, 07:05 WIB

Close Ads x