Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Pasokan Gabah Kering Giling Menurun, Harga Beras Naik

Kompas.tv - 29 Februari 2024, 14:54 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

KLATEN, KOMPAS.TV - Menurut salah satu pengelola penggilingan padi di Desa Bowan, Kecamatan Delanggu, Kabupaten Klaten, sebelumnya dirinya bisa menjual beras berbagai jenis mencapai lima ton per hari. Namun, kini produksi berasnya menurun hingga 40 persen menjadi tiga ton saja.

Saat ini harga beras dari penggilingan padi berkisar antara Rp 15.500 per kilogram untuk beras jenis medium dan Rp 16.500 per kilogram untuk beras jenis premium. Kenaikan harga ini terjadi sejak satu bulan yang lalu.

“Baiasnya per hari itu ya lima ton (beras), sekarang paling tiga ton (beras). Sudah satu bulan ini waktu mulai musim hujan, ya satu minggu sebelum pemilu. Ini yang ada di selepan harganya lebih murah, kalo di eceran itu lebih tinggi lagi,” Jelas Joko, pengusaha penggilingan padi.

Saat ini harga beras eceran di Delanggu, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah cukup tinggi, yaitu Rp 18.000 per kilogram untuk beras jenis premium dan Rp 16.000 sampai Rp 17.000 per kilogram untuk beras jenis medium. Diprediksi menjelang Ramadan dan Lebaran harga beras semakin tinggi.

#beras #pasokangabah #klaten
 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x