Kompas TV regional jawa timur

Pembangunan Bozem Mampu Kurangi Banjir di Musim Hujan

Kompas.tv - 28 Februari 2024, 18:23 WIB
Penulis : KompasTV Malang

MALANG, KOMPAS.TV - Pembangunan bozem atau danau buatan di Kelurahan Tunggulwulung yang telah rampung diharapkan mampu mengurangi banjir di Kota Malang.

Pj Wali Kota Malang Wahyu Hidayat meninjau bozem atau danau buatan yang telah selesai pembangunannya. Dalam tinjauan tersebut Pj Wali Kota meminta agar bozem tersebut bisa dimaksimalkan dengan baik sehingga saat musim hujan seperti saat ini dapat mengurangi volume genangan air di Jalan Soekarno Hatta.

Pj Wali Kota berharap di tengah curah hujan yang saat ini mulai tinggi, bozem ini bisa menjadi penampungan air sementara untuk kemudian dialirkan setelah volume air di sungai mulai turun. Dengan cara ini, genangan air yang kerap terjadi di kawasan Jalan Soekarno Hatta bisa dikurangi.

Dalam tinjauan tersebut, Pj Wali Kota Malang juga memberikan sejumlah catatan untuk memaksimalkan fungsi danau buatan yang dibangun tahun 2023 ini.

"Di sini saya lihat juga memanfaatkan saluran irigasi, jadi air yang dari atas dimasukkan ke sini, air dari sekitar perumahan yang tidak meresap juga dialirkan ke sini," Kata Wahyu Hidayat, Rabu (28/02/2024).

Bozem Tunggulwulung sendiri mempunyai kapasitas penampungan air sebanyak 2.872 meter kubik. Dengan kapasitas tersebut, sehingga apabila turun hujan dengan intensitas tinggi air bisa ditampung sementara di bozem tersebut.

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x