Kompas TV regional jawa timur

Terungkap, Ponpes di Kediri Tempat Santri Tewas Dianiaya Ternyata Tidak Punya Izin

Kompas.tv - 28 Februari 2024, 10:32 WIB
terungkap-ponpes-di-kediri-tempat-santri-tewas-dianiaya-ternyata-tidak-punya-izin
Kolase foto Bintang Balqis Maulana (14) dan ibunya, Suyanti (38). Bintang meninggal dunia setelah diduga dianiaya 4 seniornya di salah satu pondok pesantren di Kecamatan Mojo, Kabupaten Kediri, pada Jumat (23/2/2024). (Sumber: Tribunnews)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Edy A. Putra

KEDIRI, KOMPAS.TV - Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur mengungkapkan, pondok pesantren (ponpes) tempat santri Bintang Balqis Maulana (14) tewas setelah diduga dianiaya rekan-rekannya, ternyata tidak memiliki izin.

Kepala Bidang Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kantor Wilayah Kementerian Agama Jawa Timur Mohammad As'adul Anam mengatakan pihaknya sudah melakukan penyelidikan terkait insiden penganiayaan itu.

Berdasarkan penyelidikan, Pondok Pesantren Tartilul Quran (PPTQ) Al Hanifiyyah di Dusun Kemayan, Desa Kranding, Kecamatan Mojo, Kabupaten Kediri, tidak memiliki izin.

"Tempat kejadian itu ada di Pondok Al Hanifiyyah, bukan Pondok Al Ishlahiyyah. Tapi, korban belajar di MTs Sunan Kalijogo di Pondok Al Islahiyyah. Keberadaan pondok pesantren tersebut belum memiliki izin operasional pesantren," kata Anam di Kediri, Selasa (27/2/2024), dikutip dari Antara.

Dia menambahkan, pesantren tersebut mulai beroperasi pada 2014 hingga sekarang. Lokasi ponpes berada dekat dengan Pesantren Al Islahiyyah.

Pesantren tersebut diketahui memiliki 74 santri putri dan 19 santri putra yang semuanya berstatus pelajar.

Terkait kasus penganiayaan yang menyebabkan korban tewas itu, kata Anam, Kemenag Jawa Timur turut berduka cita.

Anam pun menyayangkan kekerasan yang dilakukan pelajar, apalagi terjadi di lingkungan pesantren.

Baca Juga: Viral Santri Minta Jemput Sebelum Tewas Dianiaya Senior, Terungkap Ponpes Tak Miliki Izin!

"Kami menyayangkan kekerasan di Pondok Pesantren Al Hanifiyyah Mayan Mojo, dan turut bela sungkawa pada keluarga korban atas kejadian tersebut," ucap dia.

Salah Satu Pelaku Kerabat Korban

Anam mengatakan salah satu terduga pelaku, AF (16) asal Denpasar, Bali, adalah kerabat korban. 

Saat ini, AF bersama ketiga terduga pelaku lainnya yakni MN (18) asal Sidoarjo, MA (18) asal Kabupaten Nganjuk, dan AK (17) asal Surabaya, diamankan Polres Kediri Kota.

Kapolres Kediri Kota AKBP Bramastyo Priaji mengatakan pihaknya menangkap empat pelaku yang diduga terlibat dalam penganiayaan terhadap Bintang usai adanya laporan dari keluarga.



Sumber : Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x