Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Hadapi Ramadan, Stok Sembako Dipastikan Aman

Kompas.tv - 23 Februari 2024, 13:50 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Kementerian Perdagangan RI melakukan pengecekan ke pasar tradisional di Kota Semarang, untuk melakukan pemantauan harga dan stok barang.

Tak hanya di Semarang, pantauan pasar ini juga dilakukan di beberapa wilayah di seluruh Indonesia. Upaya ini dilakukan oleh Kementerian Perdagangan RI untuk menjaga kestabilan harga sembako agar tidak terlampau tinggi.

Pihak Kemendag juga memastikan bahwa nantinya, menjelang Ramadan, stok sembako di pasar tradisional akan selalu aman dan harga bisa terkendali.

“Kita liat setiap saat, setiap waktu di pasar-pasar. Mulai dari pasar tradisional dan retail semuanya kita pantau. Kalau saja ada fluktuasi harga, kita lakukan langkah-langkah preventif dan operasi pasar untuk memastikan supaya stok aman dan harga terkendali. Sampai saat ini di pasar, stok masih aman. Tadi sudah disampaikan, stok beras, minyak dan sembako (lain) aman,” tutur Jerry Sambuaga, Wakil Menteri Perdagangan RI.

Kenaikan harga beras saat ini lebih dikarenakan adanya pergeseran musim panen akibat El Nino. Namun, jika nanti kenaikan harga terlampau tinggi, maka akan dilakukan langkah preventif dari hulu hingga ke hilir. Salah satu langkahnya adalah dengan melakukan operasi pasar.

#sembako #kemendag #semarang

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x