Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Mbak Ita Senang Ada Toilet Khusus Disabilitas di Tempat Wisata

Kompas.tv - 23 Februari 2024, 13:47 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Toilet khusus penyandang disabilitas ini dibangun di area wisata Sam Poo Kong Kota Semarang dan merupakan bantuan dari Rotary District 3420 Indonesia. Toilet ini didesain khusus untuk memudahkan kaum disabilitas jika ingin buang air besar atau kecil. Bahkan, kursi roda pun bisa langsung masuk ke dalam toilet.

Keberadaan toilet disabilitas ini diresmikan langsung oleh Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu, dengan didampingi District Govenor Rotary 3420 periode tahun 2021- 2022 Cindy Bachtiar, serta pihak Sam Poo Kong.

Pada kesempatan itu, Mbak Ita sapaan akrab Wali Kota Semarang menyambut baik ide, gagasan dan langkah nyata kepedulian masyarakat dalam memberi bantuan fasilitas toilet khusus disabilitas yang ada di area wisata. Toilet ini sangat membantu dan dibutuhkan oleh kaum disabilitas.

“Kami berterima kasih pada yayasan Sam Poo Kong sudah memberikan tempat untuk toilet (toilet disabilitas) ini. Ini bisa menjadi prototipe untuk dipakai di destinasi wisata lainnya. Sehingga di tempat (wisata) lain juga bisa ada seperti ini (toilet disabilitas). Syukur-syukur dari Rotery bisa membantu lagi. Ini menunjukan bahwa Kota Semarang menjadi kota yang ramah disabilitas,” ujar Mbak Ita.

“Kita menjunjung tinggi yang disebut DEI (Diversity, Equity, and Inclusion) itu keberagaman, kesetaraan, dan inklusi. Artinya semua yang berbeda itu adalah satu, dan itu menjadi tujuan kami untuk membuat toilet disabilitas di Sam Poo Kong,” jelas Cindy.

Keberadaan toilet ini sangat berarti karena selama ini hanya banyak dijumpai toilet umum. Sementara toilet khusus disabilitas ini dirancang untuk memudahkan kaum disabilitas, termasuk bisa digunakan lansia dan ibu hamil.

“Karena dengan adanya ini itu tidak cuman kami (penyandang disabilitas) yang diuntungkan, seperti perempuan hamil, lasia itu juga bisa lebih diuntungkan dengan adanya toilet seperti ini,” ucap Raza, penyandang disabilitas.

Pemkot Semarang berharap toilet disabilitas ini ada di semua lokasi wisata dan umum untuk membantu memudahkan kaum disabilitas.

#toiletdisabilitas #sampookong #mbakita

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x