Kompas TV regional jabodetabek

Kronologi Eskalator Stasiun Manggarai Mendadak Berbalik Arah, KAI Commuter Minta Maaf

Kompas.tv - 22 Februari 2024, 18:51 WIB
kronologi-eskalator-stasiun-manggarai-mendadak-berbalik-arah-kai-commuter-minta-maaf
Eskalator di Stasiun Manggarai mendadak berbalik arah pada Rabu (21/2/2024). Kejadian tersebut menyebabkan beberapa orang terjatuh. (Sumber: Tangkapan layar video KOMPAS TV)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Edy A. Putra

 

JAKARTA, KOMPAS.TV - PT KAI Commuter Indonesia (KCI) mengungkapkan kronologi insiden eskalator di Stasiun Manggarai, Jakarta Selatan, yang mendadak berbalik arah pada Rabu (21/2/2024). 

External Relations & Corporate Image Care PT KCI Leza Arlan menyebut kejadian tersebut terjadi pada Rabu petang sekitar pukul 18.06 WIB.

Ia menyebut insiden tersebut bermula saat para penumpang Commuter Line (KRL) tengah menggunakan eskalator di hall lantai satu yang mengarah ke peron 11-12.

“Eskalator yang menuju peron tiba-tiba bergerak berbalik arah ke arah bawah," kata Leza dalam keterangannya, Kamis (22/2).

Kejadian tersebut, lanjut dia, membuat beberapa pengguna yang sedang berada di eskalator menuju ke arah peron, terjatuh.

Meski demikian, ia mengatakan tidak ada korban jiwa dalam kejadian eskalator berbalik arah tersebut.

"Petugas pengamanan yang berjaga di sekitar eskalator secara sigap membantu pengguna yang terjatuh,” tegasnya, dikutip dari Kompas.com.

Baca Juga: KCI Tutup Eskalator yang Mendadak Berbalik Arah di Stasiun Manggarai

Dalam kesempatan itu, Leza menyampaikan permohonan maaf KAI Commuter atas kejadian tersebut.

“KAI Commuter memohon maaf atas kendala layanan pengguna Commuter Line di Stasiun Manggarai, kemarin,” ujarnya.

Saat ini, pihaknya telah menutup eskalator tersebut agar kejadian serupa tak terulang.

Ia mengatakan pihaknya juga telah berkoordinasi dengan DJKA dalam hal ini Balai Teknik Perkeretaapian (BTP) Kelas 1 Jakarta untuk dilakukan pemeriksaan dan perbaikan pada eskalator tersebut.

Sebagai informasi, peristiwa ini sebelumnya viral di media sosial. Video kejadian diunggah salah satunya oleh akun X, @jalur5_.


Berdasarkan video yang dibagikan akun tersebut, terlihat sejumlah orang yang berjalan ke arah atas dengan eskalator, terdorong ke bawah.

Sedangkan di lantai bawah eskalator sudah padat oleh penumpang. Bahkan tampak sejumlah orang terjatuh akibat kejadian tersebut. 

Dalam video tersebut juga terlihat beberapa penumpang yang tetap memaksa naik ke atas meski eskalator berubah bergerak turun. 

Baca Juga: 100 Hari Eskalator Stasiun Bekasi Mati, Warga Pasang Bunga Turut Berduka Cita



Sumber : Kompas TV/Kompas.com

BERITA LAINNYA



Close Ads x