Kompas TV regional bali nusa tenggara

Eks Rektor Udayana Divonis Bebas di Kasus Korupsi Dana SPI, Jaksa Ajukan Kasasi

Kompas.tv - 22 Februari 2024, 16:57 WIB
eks-rektor-udayana-divonis-bebas-di-kasus-korupsi-dana-spi-jaksa-ajukan-kasasi
Mantan Rektor Universitas Udayana I Nyoman Gde Antara divonis bebas dalam kasus dugaan korupsi dana sumbangan pengembangan institusi (SPI) mahasiswa baru seleksi jalur mandiri tahun 2018-2022.  Jaksa Penuntut Umum Kejaksaan Tinggi Bali menyatakan akan menempuh upaya hukum kasasi karena tak terima atas putusan bebas Mantan Rektor Universitas Udayana (Unud) I Nyoman Gde Antara. (Sumber: ANTARA/Rolandus Nampu.)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Iman Firdaus

DENPASAR, KOMPAS.TV - Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Tinggi Bali menyatakan akan menempuh upaya hukum kasasi karena tak terima atas putusan bebas Mantan Rektor Universitas Udayana (Unud) I Nyoman Gde Antara.

Antara merupakan terdakwa dalam kasus dugaan korupsi dana sumbangan pengembangan institusi (SPI) penerimaan mahasiswa jalur mandiri tahun 2018-2022.

"Kami dari penuntut umum menyatakan akan mengajukan kasasi," kata JPU Nengah Astawa usai sidang, di Pengadilan Tipikor Denpasar, Kamis (22/2/2024).

Permohonan kasasi tersebut, kata dia, bakal diajukan langsung setelah putusan Pengadilan Tipikor Denpasar memperoleh kekuatan hukum tetap sembari menunggu semua berkas sudah siap.

Sebelumnya, majelis hakim di PN Tipikor Denpasar menyatakan Eks Rektor Unud I Nyoman Gde Antara tidak terbukti bersalah dan dibebaskan dari segala tuntutan. Walhasil Antara pun divonis bebas dalam kasus dugaan korupsi dana SPI tersebut.

"Membebaskan terdakwa Prof. Dr. Ir. I Nyoman Gde Antara tidak terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana sebagaimana dakwaan kesatu subsider," kata Majelis Hakim Agus saat membacaka amar putusan, Kamis (22/2).

Baca Juga: Tok! Hakim Vonis Bebas Mantan Rektor Univeritas Udayana Bali di Kasus Korupsi Dana SPI

Hakim juga memerintahkan agar Antara dibebaskan dari tahanan serta pemulihan hak terdakwa dalam kemampuan, kedudukan serta jabatannya.

Atas putusan tersebut pihak Antara pun langsung menerima putusan hakim yang jauh lebih ringan dari tuntutan Jaksa.

Seperti diketahui, sebelumnya jaksa menuntut Antara 6 tahun penjara dan denda Rp 300.000.000 atau diganti 3 bulan kurungan.

Usai mendengar putusan, Antara menyampaikan ucapan terima kasih kepada majelis hakim yang telah memvonis bebas dirinya.


 

"Kami (saya) menyampaikan terima kasih kepada majelis hakim yang melakukan tugasnya luar biasa. Sesuai dengan fakta persidangan, saya tak terbukti bersalah dari pasal-pasal yang didakwakan kepada saya," ujarnya, usai sidang, Kamis, dikutip dari Antara.

Dalam kesempatan itu, ia juga mengutarakan niatnya untuk kembali mengabdi di Universitas Udayana.

"Mohon doa restu, mudah-mudahan kami bisa kembali ke Universitas Udayana, membangun Universitas Udayana, mendidik adik-adik mahasiswa sebagaimana yang kami harapkan bersama," ucapnya.

Baca Juga: Kata Gus Muhdlor usai Diperiksa KPK soal Korupsi BPPD Sidoarjo: Ini Jadi Pembelajaran

 



Sumber : Kompas TV/Antara.


BERITA LAINNYA



Close Ads x