Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Sirekap Error, KPU Jateng Lanjutkan Penghitungan Suara

Kompas.tv - 22 Februari 2024, 17:52 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Pasca-Sirekap alami gangguan, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Tengah mengaku sudah melakukan perbaikan data ekstrem pada Pemilu 2024.

Saat ini KPU Jawa Tengah meneruskan penghitungan yang sudah terjadi berdasarkan foto aslinya, sehingga tidak perlu mengulang dari awal.

“Kami sudah selesai melakukan perbaikan data ekstrem jadi bukan Sirekap-nya, ada banyak faktor, bisa jadi kualitas HP itu juga mempengaruhi ketika dibaca oleh sistem. Jadi ada banyak faktor, saya tidak bisa menyebutkan satu per satu tapi intinya kami sudah melakukan perbaikan. Hari ini sudah bisa dilanjutkan kembali, skors itu dicabut, rekap sudah  berjalan lagi. Jadi kenapa diskors, karena yang menjadikan sangat lama itu melakukan perbaikan dulu. Nah kalau sudah diperbaiki, semakin lancar nanti. Ini sudah lanjut lagi, memang ada kejadian data ekstrem, ”  ucap Paulus Widiyantoro, Komisioner KPU Jawa Tengah.

Sementara itu Kadiv Humas Bawaslu Jateng, Sosiawan, mengatakan, Sirekap di Jawa Tengah tidak mengalami masalah yang serius, sehingga saat KPU RI menghentikan sementara rekapitulasi, Bawaslu Jateng memberi saran ke KPU Jawa Tengah tetap melakukan penghitungan.

“Membuat saran kepada KPU terutama kepada PPK karena kemarin penghitungan (suara) di tingkat kecamatan tetap dilanjutkan. Jadi secara manual, data sudah kami dapat di tingkat kecamatan. Sebenarnya aplikasi Sirekap itu hanya sekadar alat bantu, yang utama penghitungan rekapitulasi hasil Pemilu secara manual dari (formulir) C hasil itu. Kemarin kebetulan di 29 kabupaten kota itu seluruh kecamatan bisa melakukan penghitungan (suara) dengan baik, di enam kabupaten kota itu kebetulan jadwalnya memang hari ini, jadi relatif kami bersyukur di Jawa Tengah tidak ada masalah terkait dengan kemarin penghentian sementara Sirekap itu,”  tutur Sosiawan.

Sirekap hanya salah satu alat bantu untuk melakukan penghitungan, namun yang utama dalam rekapitulasi suara pemilu tetap dilakukan secara manual. Bahkan hampir seluruh kabupaten kota bisa melakukan rekapitulasi hasil Pemilu Presiden 2024 dengan baik, sehingga penghitungan suara tetap dilakukan.

#kpu #sirekap #pemilu2024



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x