Kompas TV regional papua maluku

Anggota KKB Alenus Tabuni Ditangkap, Sepak Terjangnya Tembak TNI hingga Bunuh Tukang Ojek di Papua

Kompas.tv - 21 Februari 2024, 10:34 WIB
anggota-kkb-alenus-tabuni-ditangkap-sepak-terjangnya-tembak-tni-hingga-bunuh-tukang-ojek-di-papua
Alenus Tabuni alias Kobuter, anggota KKB yang merupakan anak buah Numbuk Telenggen ditangkap di Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua Tengah. (Sumber: ANTARA/HO/Humas Satgas Damai Cartenz)
Penulis : Tito Dirhantoro | Editor : Vyara Lestari

PAPUA, KOMPAS.TV - Tim Satgas Damai Cartenz menangkap anggota kelompok kriminal bersenjata atau KKB bernama Alenus Tabuni alias Kobuter di depan Puskesmas Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua Tengah pada Minggu (18/2/2024).

Kasatgas Damai Cartenz Kombes Faizal Rahmadani mengungkapkan Alenus Tabuni merupakan anggota KKB Papua yang namanya telah masuk dalam daftar pencarian orang (DPO) alias buron.

"Alenus Tabuni alias Kobuter terlibat dan memiliki peran penting dalam sejumlah aksi kriminal yang terjadi di wilayah Puncak," kata Kombes Faizal Rahmadani dalam keterangan resminya yang dikutip pada Rabu (21/2/2024).

Baca Juga: KKB Diduga Sabotase Pemilu, Rampas Ratusan Kotak Suara hingga Pukul Perangkat Distrik di Intan Jaya

Kombes Faizal menjelaskan Alenus Tabuni alias Kobuter awalnya tergabung dalam kelompok KKB pimpinan Goliath Tabuni. Namun demikian, ia kemudian gabung dengan Numbuk Telenggen.

Adapun peran dari Alenus Tabuni dalam aksi kejahatan yang dilakukan KKB, di antaranya terlibat pembakaran base camp PT Unggul tanggal 11 Februari 2021 di Kampung Jenggerpaga, Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak.

Kemudian, pada 14 April 2021, ia terlibat penembakan tukang ojek bernama Udin di dekat balai Kampung Eromaga yang mengakibatkan korban meninggal.

Lalu, pada 24 April 2021, Alenus Tabuni melakukan pemukulan terhadap Kepala Distrik Gome, Nius Tabuni di Distrik Gome.

Selanjutnya, pada 3 Mei 2021 terlibat penembakan anggota TNI di kampung Undome, Distrik Gome. Dalam insiden penembakan itu, korban selamat. 

Baca Juga: Kapolda Papua Sebut Pilot Susi Air Masih Ada di Nduga Disandera KKB, Berharap Segera Dibebaskan



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x