Kompas TV regional berita daerah

1 Keluarga Miskin Huni Rumah Tidak Layak

Kompas.tv - 7 Februari 2024, 15:53 WIB
Penulis : KompasTV Palu

PARIGI MOUTONG, KOMPAS.TV - 1 keluarga miskin di Desa Sausu Trans Kecamatan Sausu, Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah terpaksa menghuni rumah yang tidak layak. Mereka tidak mampu membangun rumah karena tidak punya uang yang cukup.

Di belakang rumahnya, Nyoman Sukarniasih (60 tahun), sedang menimba air sumur untuk mencuci beras sebelum dimasak, air sumurnya terlihat seperti susu.

Setelah mencuci beras,  dia lalu berjalan dengan tertatih-tatih dan membungkuk masuk ke dalam rumah, lalu memasukkan panci ke penanak nasi listrik.

Rumah Nyoman Sukarniasih ini bisa disebut tidak layak huni, rumahnya tanpa kamar tidur. Ada 2 kasur yang dipakai untuk 5 orang yang menghuni. Atap seng pun sudah banyak yang bocor.

Sukarniasih bilang, di rumahnya ini dia bersama tiga anak dan cucu tinggal dan tidur bersama. sukarniasih tidak punya penghasilan. Begitupula 3 anak juga tidak berpenghasilan tetap.

Upaya membangun rumah agar sedikit lebih layak tidak dapat dilakukan Sukarniasih.

I Made Darma, cucu Sukarniasih mengaku menikmati saja kondisi rumah tempatnya bersama ibu dan neneknya. Made akui kalau sulitnya kehidupan ekonomi keluarganya berdampak pada sulit belajar dengan baik sebagaimana anak-anak sekolah pada umumnya.

Juga sedang diliputi keresahan, pembayaran sekolah sudah menunggak 6 bulan. Made Darma kini duduk di kelas 1 Sekolah Menengah Atas Negeri Sausu.

Keluarga ini satu satu sekian banyak warga transmigrasi di Desa Sausu trans sejak tahun 1990 silam.

#Kemiskinan #RumahTidakLayakHuni #ButuhBantuan 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Advertorial

Madiun Maju Mendunia | VVIP

27 April 2024, 15:37 WIB

Close Ads x