Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Pemuda di Kota Semarang Raup Cuan Ratusan Juta Rupiah dari Bisnis Lansdcape

Kompas.tv - 5 Februari 2024, 13:47 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Banyak peluang usaha yang dapat di lakukan para generasi muda untuk mendapatkan penghasilan sendiri. Salah satu usaha itu adalah landscape yang kini ditekuni Devian Rizki Ananta (22) warga Genuk, Kota Semarang.

Landscape sendiri adalah semacam dekorasi taman yang memadukan air, tanaman dan seni. Dari usaha landscape yang ditekuninya sejak tahun 2019, pemuda lulusan SMA ini kini telah mempunyai 12 karyawan tetap dengan omzet ratusan juta rupiah.

Sebelum terjun usaha landscape, Divian Rizki atau sering di panggil Momon mengaku menekuni usaha aquascape. Namun, karena kurang puas dan ingin menghasilkan karya yang lebih besar, Momon akhirnya beralih ke landscape dengan modal awal Rp3 juta dari uang kuliah. Momon mengaku sebelumnya sempat mengenyam bangku kuliah semester 4 di salah satu perguruan tinggi swasta di Kota Semarang. Namun, karena keterbatasan akhirnya uang kuliah dipergunakan untuk usaha. Ia memutuskan berhenti kuliah dan mengembangkan bakat di bidang seni taman.

“Awalnya dari aquascape jadi taman seperti ini. Kita ingin lebih besar kita lebih memilih taman dan landscape seperti ini yang merupakan perpaduan air, tanaman dan seni menjadi satu,” terang Momon.

Salah satu pelanggan, Ignatius Andika, merasa puas dengan hasil karya Momon, menurutnya hasilnya bagus.

“Enak aja lihatnya pagi-pagi atau pulang kerja sambil memberi makan ikan. Hasilnya memuaskan, bagus,” ujar Ignatius Andika.

Selain Kota Semarang, Momon pernah menggarap landscape di sejumlah kota, seperti Surakarta, Jogja, Surabaya, Malang dan sejumlah kota di Jawa Barat dan Martapura, Kalimantan Selatan.

#landscape #lanscapetaman #semarang



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Opini

Arch of Augustus di Rimini

28 April 2024, 07:05 WIB
Close Ads x