Kompas TV regional papua maluku

Sanggar Mioso Tambrauw Gunakan Sandal Jepit Mainkan Alat Musik Bambu

Kompas.tv - 2 Februari 2024, 19:58 WIB
Penulis : KompasTV Sorong

SORONG, KOMPAS.TV - Sandal jepit biasanya digunakan untuk mengelas kaki, namun siapa sangka, sandal jepit bisa digunakan untuk membunyikan alat musik dari bambu, hingga mengeluarkan nada yang indah, seperti yang dilakukan oleh Sanggar Mioso Kabupaten Tambrauw, Papua Barat Daya.

Setiap pertunjukan tarian Sanggar Mioso selalu membawa alat musik bambu dan memainkan nada lagu, dengan bantuan sandal jepit. Memainkan alat musik bambu dengan bantuan sandal jepit cukuplah muda, khususnya bagi mereka yang sudah terbiasa.

Matias Mayor, pendiri sanggar mengatakan inisiatif menggunakan sandal jepit, untuk melengkapi kebutuhan alat musik tradisional dari bambu, sehingga dibutuhkan benda yang lentur agar mudah dimainkan menghasilkan bunyi yang baik.


Penggunaan sandal jepit untuk permainan musik bambu sudah dilakukan sejak tahun 2018, sang pemain musik tidak harus membutuhkan waktu lama, untuk bisa menggunakan sandal jepit di alat musik bambu.


Masyarakat Kabupaten Tambrauw yang menyaksikan tarian diiringi irama dari alat musik bambu sendal jepit begitu terhibur dan gembira.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x