Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Syukuran Panen, Petani di Pekalongan Bagi Ribuan Paket Durian Gratis

Kompas.tv - 1 Februari 2024, 13:22 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

PEKALONGAN, KOMPAS.TV - Sejak pagi ribuan warga memadati lapangan Desa Lolong, Karanganyar, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah,  untuk mengantre kupon paket durian. Panitia menyediakan 3.000 paket durian secara gratis kepada warga sebagai bentuk syukur atas panen di musim durian tahun ini.

Sebelum dibagikan, warga setempat bersama perangkat desa melakukan doa bersama untuk keselamatan masyarakat. Acara diakhiri dengan pemotongan tumpeng secara simbolis dan penyerahan buah durian kepada perwakilan Pemerintah Kabupaten Pekalongan. Usai melakukan doa, warga mulai menukarkan kuponnya kepada panitia untuk mendapatkan paket durian yang sudah dibungkus dengan plastik mika. Mereka yang takut tidak kebagian rela berdesakan menukarkan kuponnya. Setelah ditukar, masyarakat memakan durian di lapangan maupun langsung dibawa pulang.

Kepala Desa Lolong, Sholehudin, menyebut di desanya panen durian para petani melimpah dan panjang. Mereka sukarela memberikan duriannya untuk dibagikan kepada masyarakat. Awalnya panitia hanya membagikan 2024 paket durian, namun karena antusiasme warga akhirnya ditambahkan menjadi 3.000 paket.

“Wujud syukur kita kepada Allah SWT yang mana tahun ini untuk panen durian kita melimpah. Ini kami dari warga sangat antusias mengadakan tasyakuran durian di tahun 2024 ini. Antusias dari warga sangat luar biasa,” ujar Sholehudin.

“Semoga menguatkan kembali branding Lolong sebagai desa wisata dengan menggunakan potensi wisata yang ada. Ini PR pemerintah untuk memajukan Lolong untuk berkembang lebih baik dalam membangun pariwisata demi meningkatkan kesejahteraan warga,” terang Julian Akbar, Sekda Kabupaten Pekalongan.

Desa Lolong merupakan salah satu wilayah di Kabupaten Pekalongan penghasil durian lokal. Hampir sebagian besar warganya menjadi petani durian yang panen dari bulan Desember hingga Februari.

#durian #desalolong #pekalongan
 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x